INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION UNIVERSITY INN UMM SEBAGAI HOTEL PENDIDIKAN

WINDARI, RINA (2007) INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION UNIVERSITY INN UMM SEBAGAI HOTEL PENDIDIKAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
INTEGRATED_MARKETING_COMMUNICATIONUNIVERSITY_INN_UMM_SEBAGAI_HOTEL_PENDIDIKAN.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Maraknya bisnis perhotelan membuat bagian yang masuk dalam Integrated Marketing Communication pada hotel bekerja keras dalam menarik perhatian masyarakat.. Dalam upayanya menarik pelanggan baru dan mengikat pelanggan lama, pemasar sebaiknya memahami proses pengembangan pelanggan karena menentukan laba perusahaan. Perusahaan juga dituntut memiliki sistem informasi pemasaran yang dirancang untuk mengolah data tentang apa yang diinginkan dan dilakukan konsumen. Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk dipasar. Pesan yang disampaikan lewat berbagai pendekatan promosi seperti iklan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat atau pemasaran langsung, semuanya menjadi bagian dari pesan tunggal keseluruhan mengenai perusahaan. Pesan yang berkonflik dari sumber berbeda ini dapat menyebabkan citra perusahaan dan posisi merek yang membingungkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, Untuk mengetahui bagaimana Integrated Marketing Communication (IMC) pada University Inn Universitas Muhammadiyah Malang sebagai hotel pendidikan. Komunikasi pemasaran yang terintegrasi atau Integrated Marketing Communication berarti pengintegrasian semua alat­alat promosi yang ada yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat atau publisitas dan pemasaran langsung sehingga alat­alat tersebut bekerja sama dengan selaras (harmonis). University Inn UMM berusaha untuk menyedot konsumen dengan konsep hotel pendidikan, dimana hotel ini hanya untuk orang­orang berpendidikan dalam arti tidak diperuntukan kepada konsumen yang akan melakukan perbuatan yang melanggar norma­norma yang berlaku, baik norma dalam agama maupun norma dalam masyarakat. Manajemen merancang University Inn sebagai sarana pelatihan, magang, sarana belajar dengan tersedianya perpustakaan dan sarana berlatih memperbaiki akhlaq dan budi pekerti bagi pengunjung maupun karyawan. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana proses pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Hotel University Inn UMM yang berlokasi di Jalan Raya Sengkaling No. 1, Malang. dengan jumlah subyeknya adalah 4 orang yakni direktur, bagian marketing, bagian SDM dan koordinator event. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis domain jenis, fungsi, sebab akibat, rasional, dan cara ke tujuan. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa University Inn telah melaksanakan fase – fase dalam bentuk pemasaran iklan yang informatif, persuasif dan mengingatkan. Media iklan merupakan media yang cukup berpengaruh bagi University Inn. Median periklanan yang digunakan manajemen university inn adalah spanduk, buklet, dan brosur. Untuk penjualan personal, manajemen University Inn UMM melakukan dengan cara yang konvensional yaitu dengan mendatangi suatu instansi­instansi dan untuk humas dan marketing PR managemen University Inn UMM memasarkan dan membentuk citra perusahaan sedangkan untuk promosipenjualan memberikan discount khusus bagi pelanggan dan untuk pemasaran langsung manajemen University Inn UMM membuat website untuk on­line. Pelaksanaan IMC di University Inn UMM banyak mengalami hambatan­hambatan sebagai berikut: Pertama Hambatan komunikasi yaitu kesalah pahaman antara pihak manajemen dengan pihak media, kurangnya pemahaman konsumen terhadap maksud publikasi, Kedua Hambatan pada sumber yaitu ketidakpuasan konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh University Inn UMM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:18
Last Modified: 18 Jun 2012 04:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item