IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU

WULANDARI, SUCI (2007) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_METODE_PEMBELAJARAN_SQ3R_UNTUK_MENINGKATKAN_KUALITAS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_SMA_MUHAMMADIYAH_3_BATU.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Ujian nasional (unas) yang diadakan di SMA Muhammadiyah 3 Batu, nilai rata-rata terendah siswa adalah pada mata pelajaran matematika. Dalam hal ini seorang guru perlu memilih metode pembelajaran yang sangat menentukan kegiatan belajar mengajar di kelas dan tehadap hasil belajar siswa. Seorang guru perlu menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman materi matematika adalah metode pembelajaran SQ3R Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) aktivitas siswa, 2) ketuntasan belajar siswa dalam menggunakan metode SQ3R, 3) respon siswa terhadap metode SQ3R. Materi yang dibahas adalah pertidaksamaan kuadrat dengan sub pokok bahasan pengertian selang dan penyelesaian pertidaksamaan linier, penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan, dan pertidaksamaan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu menguraikan proses kegiatan pembelajaran pada materi pertidaksamaan dengan menggunakan metode SQ3R mulai awal sampai akhir kegiatan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 3 Batu. Keefektifan kegiatan pembelajaran ini ditinjau dari: 1) aktivitas siswa, 2) tes hasil belajar, 3) angket respon siswa terhadap metode pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar pengamatan aktivitas siswa, 2) soal tes, 3) angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persentase rata-rata aktivitas siswa setiap pertemuan dari pertemuan pertama, kedua, dan ketiga adalah 72,1%, 2) persentase aktivitas siswa jika dilihat dari setiap langkah SQ3R, pada langkah Survey, Question, Read, dan Review dapat dikategorikan baik, sedangkan pada langkah Recite dikategorikan cukup karena dalam langkah ini siswa harus menjawab pertanyaan yang telah tersusun pada langkah Question, mengerjakan latihan soal, dan mengerjakan di depan kelas, 3) hasil tes yang dilakukan menunjukkan ketuntasan secara individu sebesar 73%, sedangkan scara klasikal sebesar sebesar 68,9%, 4) respon siswa dalam pembelajaran SQ3R adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:06
Last Modified: 18 Jun 2012 04:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item