HUBUNGAN ANTARA PEKERJAAN PEMBACA MEDIA MASSA DENGAN PILIHAN RUBRIK BERITAStudi pada pelanggan Jawa Pos Radar Malang di Kota Malang

Widiantoro, Ridi (2007) HUBUNGAN ANTARA PEKERJAAN PEMBACA MEDIA MASSA DENGAN PILIHAN RUBRIK BERITAStudi pada pelanggan Jawa Pos Radar Malang di Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_PEKERJAAN_PEMBACA_MEDIA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Media massa yaitu media komunikasi yang mampu menjangkau khalayak luas, yang jumlahnya relatif banyak, beragam, terpencar serta bagi komunikator yang menyebarkan pesannya bersifat abstrak. Perkembangan media massa di Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh pola dan gaya hidup masyarakat yang semakin kompleks. Salah satu contoh adalah jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat sekarang ini. Surat kabar harian Jawa Pos Radar Malang dipilih sebagai media penelitian dan Kota Malang sebagai lokasi penelitian. Rumusan masalah adalah adakah hubungan antara pekerjaan pembaca Jawa Pos Radar Malang di Kota Malang dengan pilihan rubrik berita?. Karena dari setiap pekerjaan yang beragam tersebut mungkin memiliki cara pandang dan persepsi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain yang akhirnya berpengaruh terhadap pilihan rubrik berita. Sedangkan tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara pekerjaan pembaca Jawa Pos Radar Malang di Kota Malang dengan pilihan rubrik berita. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah komunikasi massa, media massa, surat kabar, berita dan karakteristik pembaca. Komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa, jelasnya merupakan singkatan dari komunikasi media massa. Surat kabar adalah terbitan berkala meliputi semua terbitan yang dipublikasikan dalam jangka waktu yang teratur dibawah judul yang sama dan untuk lingkup pembaca yang sama. Berita adalah laporan tercepat tentang fakta atau pendapat yang menarik, penting atau keduanya bagi kebanyakan masyarakat. Landasan teori yang digunakan adalah Model Uses and Gratification dan Perspektif Kategori Sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dan variabel-variabel yang akan diteliti adalah variabel pekerjaan pembaca media massa dan variabel pilihan rubrik berita di surat kabar Jawa Pos Radar Malang. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Sampling Aksidental, maka ditemukan sampel penelitian sebanyak 100 responden dari 5 kecamatan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi dan menggunakan Teknik Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pekerjaan Pembaca Media Massa dengan Pilihan Rubrik Berita dengan hasil 0,745. Ketentuan pengujian kalau harga Chi Kuadrat hitung lebih besar atau sama dengan tabel, maka hubungannya signifikan. Dari perhitungan diatas ternyata Chi Kuadrat hitung lebih besar dari tabel (125,568 > 50,892). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Pemilihan rubrik berita oleh pembaca media massa secara umum didasarkan karena berkaitan dengan profesi, meskipun ada beberapa yang mempunyai alasan karena isinya menarik ataupun sekedar mengisi waktu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pekerjaan Pembaca Media Massa dengan Pilihan Rubrik Berita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 05:19
Last Modified: 16 Jun 2012 05:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item