STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS KERETA API MADIUN EKSPRES Studi pada PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun

Widya Dharojah, Rakhma (2007) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS KERETA API MADIUN EKSPRES Studi pada PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_MARKETING_PUBLIC_RELATIONSKERETA_API_MADIUN_EKSPRESStudi_pada_PT_Kereta_Api.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kereta Api Madiun Ekspres atau KA MADEK merupakan salah satu produk PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun yang mulai dijalan­kan tanggal 8 Desember 2006 melayani trayek jarak menengah yaitu; Madiun­Surabaya. Berdasarkan pengetahuan awal diketahui bahwa dari segi tingkat jum­lah penumpang, tiap bulannya KA MADEK mengalami peningkatan. Sedangkan media iklan yang digunakan untuk mengkomunikasikan KA MADEK kepada masyarakat, adalah spanduk, banners dan brosur. Perpaduan kerjasama antara marketing dan public relations bermanfaat dalam mengkomunikasikan KA MADEK kepada masyarakat. Maka penelitian ini tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations Kereta Api Madiun Ekspres yang dilakukan oleh PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun. Marketing public relations merupakan proses dari perencanaan dan eva­luasi program­-program yang mendorong minat beli serta kepuasan konsumen, melalui penyampaian informasi dan kesan yang menyakinkan, dalam usaha mem­perlihatkan bahwa perusahaan dan produk­-produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan minat konsumen (Soemirat, 2004:154). Strategi marketing public relations penting untuk dirancang sebagai bentuk perencanaan yang cermat dan menyeluruh mengenai semua kegiatan yang mendorong minat beli serta kepuasan konsumen, melalui penyampaian informasi dan kesan yang menyakinkan dalam usahanya bahwa produk­produk yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan minat konsumen. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam (In­depth interviewing) dan dokumentasi yang berupa dokumen dan records. Unit analisis penelitian adalah pegawai­pegawai PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun yang berada pada tingkat pimpinan atau sub pimpinan dan banyak menguasai serta mengetahui strategi marketing public relations Kereta Api Madiun Ekspres. Dengan cara ini sebenarnya peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif pada prinsipnya dalam bentuk induksi­ interpretasi­konseptualisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Pokja KA MADEK sebagai pihak yang diberi tanggungjawab oleh perusahaan, melakukan suatu proses yang berkesinambungan dimulai dari proses pencarian data dan definisi permasalahan, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi hingga proses evaluasi program. Dalam hal ini Pokja KA MADEK menggunakan strategi marketing public relations yaitu; pertama, dengan cara mengadakan riset pemasaran untuk menetapkan target pasar dan angket yang dibagikan pada penumpang Kereta Api Sancaka. Kedua adalah dengan meyusun strategi penguasaan pasar melalui kegiatan pemasaran yang meliputi periklanan, publisitas dan interaktif di radio­radio. Penguasaan pasar ini didukung oleh beberapa media cetak berupa surat kabar, majalah, brosur, spanduk, banner, serta media elektronik yaitu radio dan internet. Strategi yang ketiga ialah dengan pemberdayaan dankerjasama yang baik terutama antara karyawan (stakeholder internal) dan konsumen (stakeholder eksternal). Atas hasil tersebut, bisa direkomendasikan kepada PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Madiun bahwa untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan strategi­strategi dalam mengkomunikasikan Kereta Api Madiun Ekspres kepada masyarakat dan pada tahap evaluasi, perlu diadakan riset tentang citra Kereta Api Madiun Ekspres di mata masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:57
Last Modified: 16 Jun 2012 04:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8197

Actions (login required)

View Item View Item