PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN JOGLO DAU MALANG

Windiyani, Kukuh Dwi (2007) PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN JOGLO DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
v.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN JOGLO DAU MALANG merupakan jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan di wilayah Malang Jl. Raya Sumber Sekar Dau Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Rumah Makan Joglo Dau Malang, untuk mengetahui pengaruh signifikan antara variabel kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Joglo Dau Malang dan untuk mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Rumah Makan Joglo Dau Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan Regresi Linear Berganda. Berdasarkan analisis faktor dari 15 variabel dapat direduksi menjadi 5 faktor baru yang terdiri dari faktor bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan. Dari hasil analisis tersebut maka melalui analisis regresi linear berganda, dapat diketahui bahwa variabel bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Joglo Dau Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Hasil Uji F dan Uji T untuk masing-masing variabel lebih besar dari nilai F tabel. dan T tabel Dengan keakuratan menjelaskan (R2) sebesar 85,1%. Variabel daya tanggap merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Joglo Dau Malang. Hal ini dibuktikan dengan niali koefisien regresi Variabel daya tanggap lebih besar dari variabel yang lain, yaitu sebesar 187,6%. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti dapat menyarankan, bahwa Hendaknya pihak pengelola Rumah Makan Joglo Dau Malang lebih memperhatikan faktor bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan, karena terbukti bahwa faktor-faktor ini mempengaruhi kualitas jasa di Rumah Makan Joglo Dau Malang. Selanjutnya pihak pengelola Rumah Makan Joglo Dau Malang supaya lebih memperhatikan kualitas jasa yang diberikan dengan lebih meningkatkan penampilan fisik seperti menambah kesan Rumah Joglo (adat Jawa) dengan memberikan hiasan-hiasan yang bernilai Jawa. selain itu penampilan pelayan juga perlu di serasikan dengan pakaian yang mencerminkan orang Jawa. Sehingga kesan Rumah Joglo lebih nyata dalam benak konsumen. Selain itu perhatian para pelayan juga perlu ditingkatkan yaitu dengan memberikan standar pelayanan bagi para pelayan. Selain itu Hendaknya pihak perusahaan bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan daya tanggap pelayan, hal ini karena terbukti memiliki pengaruh dominan pada kepuasan pelanggan, adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada para pelanggan dengan intensif mengenai cara-cara melayani pelanggan mulai dari pertama kali pelanggan datang hingga pelanggan meninggalkan rumah makan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:05
Last Modified: 16 Jun 2012 04:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item View Item