PENINGKATAN NILAI PELAYANAN DI HOTEL SENTRAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (Study Kasus, Hotel Sentral Jombang)

YUDHA LAKSANA, PUNGKY (2007) PENINGKATAN NILAI PELAYANAN DI HOTEL SENTRAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (Study Kasus, Hotel Sentral Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_NILAI_PELAYANAN_DI_HOTEL_SENTRALDENGAN_MENGGUNAKAN_METODEVALUE_ENGINEERING.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan akan berusaha untuk selalu memenangkan setiap persaingan yang ada. Sebab dengan memenangkan persaingan dalam lingkungan bisnis, maka kelangsungan hidup perusahaan akan dapat dipertahankan. Hotel Sentral yang berlokasi di Jombang merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang penyedia penginapan. Dalam menjalankan aktivitasnya perusahaan masih mengalami kendala-kendala untuk memenangkan persaingan tersebut diatas. Kendala tersebut antara lain belum berjalannya secara baik dan optimal fungsi-fungsi yang ada pada fasilitas kamar hotel, sehingga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kosumen pihak perusahaan masih belum memenuhi tuntutan tersebut. Akibat fasilitas kamar hotel yang selama ini diberikan oleh perusahaan belum bisa memberikan performansi atau manfaat yang optimal bagi perusahaan. Sehingga perlu evaluasi fasilitas kamar hotel tersebut untuk mencari alternatif-alternatif terbaik yang dapat meningkatkan performansi fasilitas kamar hotel tersebut. Untuk itu perlu dilakukan usaha untuk memperbaiki fasilitas kamar hotel yang telah ada dengan menganalisa fungsi-fungsi yang ada pada fasilitas kamar hotel yang ada pada hotel Sentral, yang nantinya diharapkan akan terjadi pemunculan ide-ide kreatif guna meningkatkan performansi pada fasilitas kamar hotel. Penerapan Metode Value Engineering adalah salah satu cara menyelesaikan masalah diatas dengan syarat yang telah ditentukan atau yang telah direkomendasikan. Tahap-tahap yang dilakukan dalam rencana kerja penerapan Metode Value Engineering yang dapat menyelesaikan dengan terintregasi ini terdiri dari 6 tahap, yaitu : 1. Tahap Persiapan 2. Tahap Informasi 3. Tahap Kreatif 4. Tahap Evaluasi 5. Tahap Pengembangan 6. Tahap Rekomendasi Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan Metode Value Engineering didapat perbandingan antara kondisi awal dengan kondisi usulan. Adapun hasil alternatif desain fasilitas kamar hotel adalah :  Alternatif awal, Performansi = 51,42 Value = 1  Alternatif usulan, Performansi = 72, 623 Value = 1,39.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 03:06
Last Modified: 16 Jun 2012 03:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item