PEMBELAJARAN MATERI TANDA WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DAUR BELAJAR (LEARNING CYCLE) DI KELAS V MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG

YULAITA, HERNIK (2007) PEMBELAJARAN MATERI TANDA WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DAUR BELAJAR (LEARNING CYCLE) DI KELAS V MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATERI_TANDA_WAKTU_DENGAN_MENGGUNAKAN_MODEL_DAUR_BELAJAR.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Di masyarakat sering kita dengar bahwa bidang studi matematika adalah bidang studi yang sulit dipahami. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena banyak faktor yang menjadi hambatan atau kesulitan belajar matematika tidak dicarikan jalan keluar secara arif. Semua dibiarkan apa adanya tanpa mengevaluasi proses belajarnya. Sebagai dampak lanjutnya adalah siswa tidak senang terhadap pelajaran matematika. Dengan demikian maka semangat belajarnya menurun, nilainya jelek. Untuk mengatasi masalah tersebut, berbagai upaya telah dikembangkan diantaranya adalah dengan penyempurnaan kurikulum dan model pembelajaran yang diterapkan di kelas sesuai dengan kondisi siswa. Learning Cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang diupayakan realisas inya di sekolah dasar. Learning Cycle adalah sebuah metodologi, bedasarkan teori perkembangan Piaget yang membekali siswa dengan pengalaman nyata atau pengenalan terminologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran Leaning Cycle dalam pembelajaran matematika pada siswa MI kelas V, mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa dan mengetahui respon siswa, khususnya pokok bahasan Tanda Waktu. Penelitian ini di laksanakan di MI Mambaul Ulum Tegal Gondo Karang Ploso Malang. Jenis penelitiannya bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, yang menjadi subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, yang berjumlah 18 orang di MI Mambaul Ulum Tegal Gondo Karang Ploso Malang. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes dan angket. Tehnik pengumpulan data dilakukan pada tangga 20 Maret–24 Maret 2007. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif antara lain dilakukan pada kegiatan pembelajaran dan observasi. Apabila data telah terkumpul, lalu di klasifikasikan menjadi data kualitatif untuk memperoleh kesimpulan. Untuk ketuntasan belajar dengan tes akhir yang telah diikuti oleh 17 siswa diperoleh prosentase ketuntasan belajar sebesar 77,77% yang artinya bahwa telah mencapai ketuntasan klasikal atau sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu telah mencapai lebih dari 75%, sedangkan ketuntasan individu belum tercapai karena nilai tes akhir yang dicapai masih ada yang dibawah kriteria yaitu nilanya ada yang kurang dari 75. Respon siswa terhadap pembelajaran Learning Cycle ini sangat positif, hal ini dapat di lihat daro hasil pemberian angket.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 03:01
Last Modified: 16 Jun 2012 03:01
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8096

Actions (login required)

View Item View Item