STRATEGI RADIO ELFARA FM DALAM MENSOSIALISASIKAN RADIO BRAND

YULIANA, TRI INDAH (2007) STRATEGI RADIO ELFARA FM DALAM MENSOSIALISASIKAN RADIO BRAND. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_RADIO_ELFARA_FM_DALAMMENSOSIALISASIKAN_RADIO_BRAND.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Radio Elfara FM adalah radio siaran swasta yang baru hadir di kota Malang sejak tanggal 14 Februari 2006. Elfara FM mengusung format siar yaitu dinamis, elegan dan wawasan global gaya lokal. Dengan slogan “Your Inspiration”, Elfara FM tidak hanya sebagai radio entertaint yang menghibur dan memberi informasi pada pendengar, tapi juga bisa menjadi inspirasi untuk seluruh pendengar Elfara FM yang biasa disebut dengan Elfriend. Sebagai pemain baru dalam bisnis radio, tentunya Elfara FM harus mulai memperkenalkan dirinya kepada masyarakat Malang khususnya kepada mereka yang menjadi target pendengar Elfara FM yaitu dewasa muda kota Malang. Salah satu tahap untuk memperkenalkan Elfara FM ke hadapan masyarakat Malang yaitu dengan mensosialisasikan Radio Brandnya. Keberadaan Radio Brand tergolong penting karena Radio Brand menciptakan keunikan tersendiri yang memudahkan para pendengarnya lebih cepat untuk mengingat stasiun radio tersebut. Adapun elemen­elemen yang membentuk terciptanya Radio Brand antara lain Product (Format siaran), Package (Kemasan siaran), Brand Name (Nama stasiun di udara), Brand Price (Harga Kompetitif), Advertising and Promotion (Iklan dan Promosi) serta Method of Distribution (Pemasaran). Dengan strategi yang tepat, diharapkan pesan yang ingin disampaikan oleh manajemen Elfara FM dapat berjalan efektif sehingga dapat diterima oleh masyarakat kota Malang. Adapun permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi radio Elfara FM dalam mensosialisasikan Radio Brand. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah strategi radio Elfara FM dalam mensosialisasikan Radio Brandnya. Dalam Metode penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif guna mengumpulkan informasi­ informasi factual yang melukiskan gejala yang ada. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan perspektif emik. Sumber informasi dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu 1 orang dari Station Manager, 2 orang dari Program Director dan 1 orang dari Marketing Executive. Teknik pengambilan sample menggunakan total sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data­data yang diperoleh di analisis dengan analisa data domain yaitu domain jenis, dan urutan atau tahapan. Dengan menggunakan teknik keabsahan data trianggulasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh radio Elfara FM dalam mensosialisasikan Radio Brand, pertama adalah mengadakan suatu riset untuk menetapkan segmentasi pasar melalui survey kepada masyarakat. Strategi ke dua yaitu dengan melakukan kegiatan pemasaran yang meliputi periklanan baik produk maupun jasa. Adapun strategi yang ke tiga adalah dengan bekerjasama dengan pihak internal perusahaan yaitu seluruh bagian yang ada di dalam perusahaan serta pihak eksternal perusahaan yang meliputi kalangan akademisi, pemerintahan, pengusaha, produsen dan masih banyak lagi. Dengan menjalin kerjasama danmenciptakan hubungan yang harmonis secara internal dan eksternal dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Elfara FM yang kemudian berimbas dengan terciptanya citra yang positif terhadap Elfara FM. Dengan semakin baiknya citra Elfara FM di mata masyarakat, diharapkan sense of belonging dari masyarakat kepada Elfara FM akan terwujud. Dengan demikian, Elfara FM berhasil bertahan dari ketatnya dunia persaingan di udara khususnya di kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 02:58
Last Modified: 16 Jun 2012 02:58
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item