A STUDY ON THE USAGE OF CODES WITCHING EMPLOYED BY ENGLISH TEACHER AS AMEDIUM OF INSTRUCTION IN SMA NEGERI I BANGIL

KUSUMA DEWI, EVI (2007) A STUDY ON THE USAGE OF CODES WITCHING EMPLOYED BY ENGLISH TEACHER AS AMEDIUM OF INSTRUCTION IN SMA NEGERI I BANGIL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
A_STUDY_ON_THE_USAGE_OF_CODE.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Fenomena pengajaran bahasa inggris di Indonesia merupakan mata rantai kompleks yang tidak terealisasikan. Kita tidaklah perlu merubah apa yang telah diupayakan oleh para pengajar, namun kita perlu menemukan cara baru yang dapat membantu kesuksesan pengajaran bahasa inggris. Penggunaan code switching dalam kelas bahasa inggris memungkinkan adanya pencapaian proses belajar mengajar yang lebih baik. Implementasi code switching sebagai media pengantar dalam pengajaran bahasa inggris menarik untuk dibahas berdasarkan beberapa alasan berikut: Mengetahui code switching yang digunakan oleh pengajar, mengetahui jenis code switching yang dominan digunakan oleh pengajar dan alasan dibalik penggunaan code switching sebagai instruksi pengantar yang digunakan oleh pengajar dalam mengajar bahasa inggris. Berdasarkan pada fokus pembelajaran, penulis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metodemetode tersebut digunakan karena penulis tidak hanya mendiskripsikan fenomena code switching tertentu yang muncul pada instruksi pengajar dan adanya kemungkinan penggantian dari satu code ke code yang lain, tetapi juga penganalisaan data numerik. Pengajar kelas XI dipilih karena pengajar tersebut diasumsikan memiliki kualifikasi baik dalam mengajar bahasa inggris dan mengunakan bahasa inggris secara dominan. Instrumen yang digunakan untuk mengoleksi data dalam penelitian ini dalah observasi dan wawancara. Langkahlangkah pengumpulan data dideskripsikan sebagai berikut: Mengobservasikan aktivitas kelas, penyeleksian data berdasarkan permasalahan yang diteliti, penyeleksian data berdasarkan tujuan pembahasan, pengadaan wawancara pada subyek untuk memperoleh data lebih jauh, merekam dan mendokumentasikan datadata yang dibutuhkan selama proses observasi dan wawancara berlangsung, melakukan interpretasi hasil wawancara, menarik kesimpulan berdasarkan klasifikasi data. Kode instruksional yang digunakan oleh para pengajar dalam penelitian ini merupakan codeswitching dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. Hasil dari penelitian menunjukkkan bahwa subyek menggunakan metaphorical dan situational code switching. Code switching yang secara dominan digunakan dalam proses belajar adalah intersentential dengan persentase 46, 67. Kesimpulan akhir yang dapat disimpulkan mengenai alasan penggunaaan codeswitching antara lain: untuk mengurangi ketegangan siswa, menciptakan suasana kelas yang nyaman, meminimalisasi adanya perbedaan penguasaaan bahasa inggris siswa, menyampaikan informasi diluar pemahaman siswa, menciptakan komunikasi dua arah, dan merangsang keinginan siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 15 Jun 2012 10:45
Last Modified: 15 Jun 2012 10:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item