RESPON KARYAWAN TERHADAP INFORMASI YANG DISAMPAIKAN DALAM MEDIA INTERNAL DERING ONLINE Studi Pada Karyawan PT. Telkom Divre VI Kalimantan

JULIANTI, ELY (2007) RESPON KARYAWAN TERHADAP INFORMASI YANG DISAMPAIKAN DALAM MEDIA INTERNAL DERING ONLINE Studi Pada Karyawan PT. Telkom Divre VI Kalimantan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
RESPON_KARYAWAN_TERHADAP_INFORMASI_YANGDISAMPAIKAN_DALAM_MEDIA_INTERNAL_DERING_ONLINEStudi_Pada_Karyawan_PT.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Media Dering Online adalah media internal perusahaan PT. Telkom Divre VI Kalimantan berbentuk website yang hanya bisa diakses oleh karyawan perusahaan. Media internal Dering Online dikelola oleh divisi Komunikasi untuk menjembatani perputaran arus informasi pada karyawan sehingga karyawan mengetahui aktivitas, kebijakan, pengumuman, berita­berita perusahaan Telkom tersebut. Adapun rumusan masalah penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S­O­R, yang meliputi: S (Stimulus) yaitu pesan yang disampaikan dalam media internal Dering Online, O (Organisme) yaitu pihak penerima/khalayak yaitu karyawan PT. Telkom Divre VI Kalimantan, R (Respon) yaitu tanggapan atau reaksi yang terjadi setelah komunikan menerima pesan. Unsur dalam teori tersebut adalah indikator­indikator dalam variable penelitian. Metode penelitian ini adalah survai dengan tipe penelitian deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi 127 orang. Melalui teknik proposional sampling dan rumus dari Taro Yamane, didapatkan jumlah sample adalah 42 responden dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumenter, sedangkan instrument penelitian menggunakan kuesioner yang disebar ke responden untuk mengungkapkan respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online. Dalam teknik analisa datanya peneliti menggunakan rumus Mean. Berdasarkan hasil analisis akhir bagaimana respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online, diperoleh kesimpulan dari penelitian ini adalah: Respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online adalah tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya respon karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam media internal Dering Online yakni sebesar 2,59 atau 86%. Media Dering Online ini dapat menjangkau karyawan yang jumlahnya relatif banyak dengan tujuan memberikan informasi karyawan dinilai berhasil. Karyawan merasa dengan adanya media internal Dering Online dapat membantu karyawan dalam memenuhi kebutuhan akses informasi yang diperlukan dalam perusahaan seperti strategi dan tujuan perusahaan, pengetahuan atau wawasan karyawan bertambah dengan informasi baru yang disampaikan dalam media internal Dering Online, kinerja perusahaan meningkat seperti mendorong karyawan untuk memelihara dan memperkuat standar perusahaan dan komitmen pada peningkatan kualitas, efisiensi, pelayanan dan tanggungjawab sosial yang lebih besar, informasi yang disampaikan secara cepat sehingga karyawan bisa mengakses informasi dalam media internal Dering Online setiap waktu,isi informasi dapat mudah dipahami untuk semua karyawan yang memiliki perbedaan tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jun 2012 08:26
Last Modified: 13 Jun 2012 08:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item