Penentuan Lokasi Distributor dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process dan Skala Liberatore (Study Kasus : PT Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang)

Rochman Hisyam, Auf (2008) Penentuan Lokasi Distributor dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process dan Skala Liberatore (Study Kasus : PT Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Penentuan_Lokasi_Distributor_dengan_Menggunakan_AnalyticalHierarchy_Process_dan_Skala_Liberatore.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

PT Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang (TEPIN),merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi perlengkapan peralatan elektonika, dimana perusahaan ingin membuka lagi sebuah lokasi distributor untuk jaringan dalam penyebaran produknya, permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah munculnya beberapa alternatif lokasi yang akan dijadikan lokasi distributor. Adapun alternatif lokasi yang ditawarkan oleh PT Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang (TEPIN) adalah kota Magelang, Semarang dan Jakarta. Karena menurut perusahaan ketiga kota ini hampir memiliki potensi yang sama antara yang satu dengan yang lain, untuk itu pengambilan keputusan tepat dalam pemilihan lokasi distributor akan sangat membantu untuk kelanjutan usaha bisnis perusahaan. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti mencoba memberikan alternatif pemecahan masalah pengambilan keputusan dengan menggunakan Metode Analitycal Hierarchi Process (AHP) dan didukung dengan Metode 5 Skala Liberatore. Dimana AHP dipergunakan untuk menentukan kriteria dan sub kriteria dalam mengevaluasi dan memilih lokasi distributor dengan menghitung bobot kriteria yang nantinya dirangking untuk menilai kriteria dan sub kriteria. Setelah dilakukan penilaian terhadap kriteria dan sub kriteria dengan metode AHP kemudian di lanjutkan dengan penilaian 5 Skala Liberatore dari setiap sub kriteria dengan memberi salah satu ukuran skala yang terdiri dari outstanding (O), good (G), average (A), fair (F) dan poor (P) pada setiap sub kriteria untuk mengetahui bobot global yang paling besar diantara beberapa lokasi alternatif yang akan dipilih. Dan lokasi distributor yang terpilih I adalah wilayah Jakarta karena mempunyai bobot global paling besar yaitu 0.401 dengan pembobotan kriteria dari faktor pemasaran sebesar 0.481, Biaya sebesar 0.114 dan Kelangsungan Produk sebesar 405, sedangkan Wilayah Semarang (alternatif ke II) dan Magelang (Alternatif ke III) bobot globalya berturut-turut sebesar 0.354 dan 0.245.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 13 Jun 2012 06:20
Last Modified: 13 Jun 2012 06:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item