IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF PADA KELAS BESAR DI KELAS IV SDN TUNJUNG 1 KECAMATAN BURNEH BANGKALAN

Ila Nirmala Yusuf, Lailam (2007) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF PADA KELAS BESAR DI KELAS IV SDN TUNJUNG 1 KECAMATAN BURNEH BANGKALAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_MODEL_KOOPERATIF_PADA_KELAS_BESAR_DI_KELAS_IV_SDN_TUNJUNG_1_KECAMATAN_BURNEH_BANGKALAN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya strategi belajar yang memberikan kesempatan pada siswa dalam kelas besar untuk aktif belajar, dengan cara merubah metode pembelajaran ekspositori (berpusat pada guru / teacher oriented) menjadi berpusat pada siswa (student oriented). Pembelajaran kooperatif merupakan salah pembelajaran yang memfokuskan pada aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Pembelajaran model kooperatif tipe STAD merupakan bentuk langsung dari pembelajaran model kooperatif yang terdiri dari penyajian materi secara klasikal, belajar kelompok, pemberian tes / ulangan, perhitungan skor kemajuan individu dan kelompok, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran model kooperatif pada kelas besar, dan bagaimana ketuntasan belajar siswa pada kelas besar terhadap pembelajaran model kooperatif. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tunjung kec. Burneh Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan data observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis implementasi pembelajaran model kooperatif pada kelas besar selama proses pembelajaran terlaksana dengan cukup baik, yaitu terlihat dari aktivitas guru dalam melaksanakan fase-fase pembelajaran model kooperatif tipe STAD yang terlaksana dengan efektif dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran model kooperatif tipe STAD berlangsung yang terlaksana dengan efektif. Prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 69,2 % dan belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu terdapat 45 siswa yang tuntas belajar dari 65 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 12 Jun 2012 07:13
Last Modified: 12 Jun 2012 07:13
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item