UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN, SELF ASSESSMENT, DAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Pantiwati, Yuni (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN, SELF ASSESSMENT, DAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN SAINS. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21. UMM Press, pp. 677-685. ISBN 9789791683302

[img]
Preview
Text
Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IPA diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah. Pembelajaran IPA memerlukan strategi yang sesuai agar pembelajaran efektif dengan melalui penetapan tujuan, kegiatan, dan asesmen yang tepat. Prinsip asesmen adalah assessment is instruction yaitu assessment and teaching can be one and the same, sehingga asesmen autentik mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Penerapan self-assessment mengacu pada dimensi: 1) self-assessment dapat mempengaruhi sikap dan persepsi positif terhadap pembelajaran, 2) self-assessment memperluas pengetahuan siswa. Mengevaluasi diri harus menganalisa apa yang telah dipelajari, sementara untuk menganalisa dibutuhkan kemampuan berpikir tinggi agar bisa memikirkan dan menganalisa apa yang dipelajari atau disebut dengan metakognisi. Keterampilan metakognitif diyakini memegang peranan penting pada banyak tipe aktivitas kognitif termasuk pemahaman, komunikasi, perhatian (attention), ingatan dan pemecahan masalah.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: strategi pembelajaran, self assessment, metacognisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: mufidah91 Ulfatul Mufidah
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:25
Last Modified: 15 Sep 2021 01:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/72322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo