Pantiwati, Yuni (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN, SELF ASSESSMENT, DAN METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN SAINS. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21. UMM Press, pp. 677-685. ISBN 9789791683302
|
Text
Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Similarity - Pantiwati - strategi pembelajaran self assessment metacognisi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPA diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah. Pembelajaran IPA memerlukan strategi yang sesuai agar pembelajaran efektif dengan melalui penetapan tujuan, kegiatan, dan asesmen yang tepat. Prinsip asesmen adalah assessment is instruction yaitu assessment and teaching can be one and the same, sehingga asesmen autentik mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Penerapan self-assessment mengacu pada dimensi: 1) self-assessment dapat mempengaruhi sikap dan persepsi positif terhadap pembelajaran, 2) self-assessment memperluas pengetahuan siswa. Mengevaluasi diri harus menganalisa apa yang telah dipelajari, sementara untuk menganalisa dibutuhkan kemampuan berpikir tinggi agar bisa memikirkan dan menganalisa apa yang dipelajari atau disebut dengan metakognisi. Keterampilan metakognitif diyakini memegang peranan penting pada banyak tipe aktivitas kognitif termasuk pemahaman, komunikasi, perhatian (attention), ingatan dan pemecahan masalah.
Item Type: | Book Section / Proceedings |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran, self assessment, metacognisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | mufidah91 Ulfatul Mufidah |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 05:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 01:41 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/72322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |