UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP KOTA MALANG

Pantiwati, Yuni and Husamah, Husamah (2014) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP KOTA MALANG. In: Prosiding Konferensi Ilmiah Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Tahun 2014. FKIP UMM.

[img]
Preview
Text
Pantiwati-Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Utama)
PEER REVIEW-Pantiwati-Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity-Pantiwati-Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Memasuki era globalisasi dunia pendidikan Indonesia ternyata masih mengalami masalah serius yaitu rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Literasi sains adalah tindakan memahami sains dan mengaplikasikannya bagi kebutuhan masyarakat Penelitian atau analisis ini bertujuan mengungkap dimensi kognitif literasi sains yang terdiri dari pengetahuan konsep, penggunaan pengetahuan sains dalam menganalisis teks atau artikel, menggunakan pengetahuan atau konsep-konsep secara bermakna, menganalisis dan mengevaluasi data atau peristiwa, serta memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 90 orang siswa kelas VII yang berasal dari 3 SMP/MTs kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu soal literasi sains yang terdiri dari 14 butir soal standar PISA. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aspek pengetahuan konsep siswa relatif tinggi karena kecenderungan pembelajaran sains selama ini di sekolah mendorong siswa untuk menghafal. Aspek menggunakan pengetahuan atau konsep-konsep secara bermakna termasuk dalam kategori sedang. Aspek penggunaan pengetahuan sains dalam menganalisis teks atau artikel dan aspek memecahkan masalah termasuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir (kritis dan kreatif) siswa cenderung tidak berkembang dalam pembelajaran sains di Kota Malang.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: literasi sains, siswa, kemampuan berpikit, SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: zawawi Moh. Zawawi, A.Md
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:56
Last Modified: 28 Jun 2021 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/72271

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo