PENGARUH SIMILAR NAME TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI VITAMIN UNTUK AYAM MERKVITA CHICKS VERSUS MITA CHICKS (Studi Kasus Pada Pembeli di Taruna Jaya PSdi Pandaan-Pasuruan)

IMAN, SYAHRUL (2007) PENGARUH SIMILAR NAME TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI VITAMIN UNTUK AYAM MERKVITA CHICKS VERSUS MITA CHICKS (Studi Kasus Pada Pembeli di Taruna Jaya PSdi Pandaan-Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH SIMILAR NAME TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI VITAMIN UNTUK AYAM.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh indikator – indikator dari variabel nama, istilah, tanda dan simbol terhadap keputusan konsumen dalam membeli vitamin ayam merek VITA CHICKS versus MITA CHICKS pada pembeli yang melakukan pembelian di toko TARUNA JAYA PS di Kelurahan Jogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, (2) mana dari indikator-indikator variabel nama, istilah, tanda dan simbol yang dominan mempengaruhi terhadap keputusan konsumen dalam membeli vitamin ayam merek VITA CHICKS versus MITA CHICKS pada pembeli yang melakukan pembelian di toko TARUNA JAYA PS Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini memiliki dua hipotesis, yaitu : diduga ada pengaruh yang signifikan dari indikator-indikator nama, istilah, tanda, dan symbol yang sama terhadap keputusan pembelian konsumen, dan diduga indikator nama dominan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi logistik atau regresi logit. Untuk mengetahui pengaruh similar name terhadap keputusan konsumen dan juga untuk mengetahui yang paling dominan berpengaruh. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel keputusan pembelian konsumen ( Y ) sebagai variabel terikat dan variabel nama ( X1 ), istilah ( X2 ), tanda ( X3), dan simbol ( X4 ) sebagi variabel bebas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan R Square 31,9% yang artinya bahwa keputusan pembelian produk similar name vitamin untuk ayam merk Vita Chicks atau Mita Chicks oleh pembeli di Taruna Jaya PS Pandaan Pasuruan dapat dijelaskan oleh indikator – indikator dari variabel nama, istilah, tanda, dan simbol sebesar 31,9%. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa merek yang singkat ( 1 . 1 X ), merek mudah diucapkan ( 3 . 1 X ), desain huruf atau warna khusus ( 1 . 3 X ) merupakan indikator-indikator yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian vitamin untuk ayam merek Vita Chick atau Mita Chick oleh konsumen Toko Taruna Jaya PS Pandaan Pasuruan. Karena indikator desain huruf atau warna khusus mempunyai nilai korelasi parsial yang terkecil dan nilai Statistik Wald yang paling besar dari indikator-indikator yang lain, maka disimpulkan bahwa indikator tersebut memiliki pengaruh yang paling dominan. Peneliti menyarankan bahwa perusahaan sebaiknya lebih memfokuskan peningkatan pada indikator-indikator lainnya selain indikator desain huruf atau warna khusus. Hal ini karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa desain huruf atau warna khusus mempunyai pengaruh dominan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 11 Jun 2012 09:33
Last Modified: 11 Jun 2012 09:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item View Item