PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRA BAYAR IM3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang)

Hermawan, Rudy (2007) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRA BAYAR IM3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRA BAYAR IM3.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mengambil judul “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Pra Bayar IM3”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable-variabel kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan kartu pra bayar IM3 dan untuk mengetahui variable manakah dari kualitas produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kartu pra bayar IM3. Berdasarkan perumusan masalah dan landasan teori yang telah dikemukakan penulis mengambil hipotesis atas permasalahan penelitian ini yaitu: (1). Diduga variable kinerja (performance), ciri-ciri atau keistimewaan (feature), kehandalan (reliability), daya tahan (durability), serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan kartu pra bayar IM3, (2). Diduga variabel kinerja (performance) merupakan factor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar IM3. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic, dimana sebelum data diolah dengan regresi logistic dianalisis dulu dengan uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa: variable kinerja (performance) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,8235, variable ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (feature) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,2941, variable kehandalan (reliability) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar1,5882, variable daya tahan (durability) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,7059, variable serviceability berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,2941, variable estetika berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,2563, variable kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 1,7647. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa semua variable kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar IM3 adalah seluruh variabel yaitu kinerja (performance), ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (feature), kehandalan (reliability), daya tahan (durability), serviceability, estetika, kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) sehingga hipotesis I diterima. Sedangkan hipotesis II variabel yang paling dominan adalah variabel ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (feature) sehingga hipotesis II yang diajukan ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:11
Last Modified: 11 Jun 2012 04:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item