PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 MALANG

USMAN, RIDWAN (2010) PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDEKATAN_QUANTUM_TEACHING_DALAM_PEMBELAJARANBIDANG_STUDI_SEJARAH_KEBUDAYAAN_ISLAM_DIMADRASAHTSANAWIYAH_MUHAMMADIYAH_1_MALANG.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam penting untuk diteliti pertama karena mata pelajran SKI membahas tentang kepemimpinan mulai dari Rasulullah, Khula Rastdin, Dinasti Abasiyah, Dinasti Umayah. Kedua untuk mengetahui masa­masa kejayaan islam. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk Pertama mengetahui penerapan model pendekatan Quantum Teaching dalam pembelajaran bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. Kedua untuk mengetahui sikap guru terhadap penerapan pendekatan Quantum Teaching dalam pembelajaran di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Ketiga dapat menjadikan peserta didik merasa enjoy, aman, menyenangkan. Keempat untuk mengetahui kendalal-kendala yang dihadapi guru melalui pendekatan dengan model quantum teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs M 1 malang. Sampel yang digunakan adalah guru bidang studi SKI, kepala sekolah dan siswa. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisiS data yang digunakan deskriptis kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain pertama pembelajaran yang diterapkan dengan model quantum teacing di MTs M 1 Malang khususnya kelas VII B secara keseluruhan sudah efektif. Kedua sikap guru dalam pembelajaran sescara keseluruhan sudah cukup baik dimana guru menerapkan gaya demokrasi dalam proses pembelajaran. Pemilihan gaya demokrasi adalah suatu pilihan yang tepat mengingat siswasiswa masih dalam masa peraalihan dari anak­anak menuju remaja sehingga kesan yang ditampilkan tidak terlalu otoriter atau laise faire. Ketiga dalam menumbuhkan daya pikir serta antusias siswa guru selaku pendidik sudah berusaha semaksimal mungkin utuk memilih metode­metode seperti poster coment, TTS yang tepat dan efektif sesuai situasi dan kondisi siswa. Dan ini mendapat respon positif khususnya siswa selaku peserta didik. Keempat kendala yang dihadapi guru dalam pembelajran SKI pertama kendala sarana dan prasarana seperti media ohp, laptop, poster. Kedua kendala kenakalan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 20 Mar 2012 15:22
Last Modified: 20 Mar 2012 15:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item