Azzahra, Fitrah Halima (2020) EVALUASI PENINGKATAN PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) MELALUI JAMINAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI KABUPATEN SITUBONDO (Studi pada Kantor PDAM Kabupaten Situbondo). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (723kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (86MB) | Request a copy |
Abstract
Fitrah Halimah Azzahra, 2016, 201610050311067, Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Evaluasi Peningkatan Pelayan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Melalui Jaminan Ketersediaan Air Bersih Di Kabupaten Situbondo, Studi Pada Kantor PDAM Kabupaten Situbondo, Pembimbing I : Drs, Krishno Hadi M.A dan Pembimbing II : Dr. Saiman, M. Si Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang evaluasi peningkatan pelayanan PDAM melalui jaminan ketersediaan air bersih di Kabupaten Situbondo. Penelitian ini fokus pada dua aspek yakbi bagaimana evaluasi dan kendala-kendala PDAM dalam meningkatkan pelayanan melalui jaminan ketersediaan air bersih. Dari sisi evaluasi, secara spesifik penelitian ini akan menjelaskan terkait tujuan;usaha-usaha; keadlian, respon terhadap masyarakat dan hasil capaian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni wawancara kepada bagian layanan PDAM dan 3 pelanggan PDAM serta beberapa dokumen PDAM seperti dokumen corporate plan, laporan triwulan, dan penilaian uji kualitas air. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan empat tahapan meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa kriteria evaluasi, aspek usaha, tujuan, respon, dan hasil capaian telah menggambarkan kinerja yang baik dari PDAM dalam memberikan peningkatan layanan ketersedian air bersih di Kabupaten Situbondo. Hal ini dikarenakan beberapa aspek tersebut terlaksana dengan optimal dan komitmen tinggi dari PDAM untuk memberikan produk layanan terbaik kepada pelanggan serta merespon keluhan pelanggan dengan cepat. Sedangkan dari aspek keadlian, menunjukkan bahwa pelayanan PDAM masih belum merata karena dari 17 kecamatan, hanya 11 kecamatan yang mendapat layanan PDAM. Sedangkan kendala-kendala yang muncul yakni adanya gangguan pada beberapa fasilitas yang dimiliki oleh PDAM; Jumlah kebocoran air yang masih tinggi; dan belum adanya sistem manajemen aset PDAM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Student ID: | 201610050311067 |
Thesis Advisors: | Krishno Hadi (0007116501), Saiman (0029096602) |
Keywords: | Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan, Air Bersih |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201) |
Depositing User: | 201610050311067 |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 07:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 07:57 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/69620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |