ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MEREK KOPI INSTAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Hermansyah, Fikki (2007) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MEREK KOPI INSTAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MEREK KOPI INSTAN.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan judul “ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MEREK KOPI INSTAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh indikator-indikator dari variabel bauran pemasaran terhadap pilihan merek produk kopi Instan dan untuk mengetahui indikator dari variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap pilihan merek produk kopi instan pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi logistik. Sedangkan uji hipotesis dengan membandingkan atau melihat besarnya Statistic Wald yang mengikuti pola distribusi Chi Square dan Partial Correlation. Berdasarkan hasil perhitungan regresi logistik diperoleh angka R Square (koefisien determinasi) sebesar 42,5%. Dari angka tersebut dapat diartikan bahwa pilihan merek kopi instan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dapat dijelaskan oleh indikator-indikator dari variabel bauran pemasaran yang meliputi merek, kemasan, kualitas aroma, kualitas rasa, label, tingkat harga dibandingkan dengan produk lain, kesesuaian harga dengan kualitas, periklanan, promosi penjualan, agen/penyalur dan ketersediaan produk. Berdasarkan hasil regresi logistik juga dapat diketahui bahwa indikator-indikator dari variabel pemasaran yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi instan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang adalah Kualitas dari aroma (X1.3), Kualitas dari rasa (X1.4), perbandingan harga dengan kualitas (X2.2), periklanan (X3.1), promosi penjualan (X3.2), dan banyaknya agen atau penjual (X4.1). Indikator kualitas rasa dari variabel produk merupakaan indikator yang berpengaruh dominan terhadap pilihan merek kopi instan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yaitu pada perhitungan korelasi parsial didapatkan angka sebesar 0,3720 dan juga ditinjukkan oleh nilai Statistik Wald yang paling tinggi yaitu sebesar 4,447. Dari hasil penelitian ini perusahaan perlu meningkatkan daya saing bauran pemasaran dengan cara melakukan pengembangan produk, melakukan promosi yang tepat, menetapkan strategi harga yang sesuai dan meningkatkan saluran distribusi. Perusahaan sebaiknya lebih memfokuskan peningkatan pada indikator-indikator selain indikator kualitas rasa karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pada rasa produk mempunyai pengaruh dominan yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah berhasil dalam peningkatan kualitas rasa sedangkan untuk indikator-indikator lain masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2012 09:38
Last Modified: 08 Jun 2012 09:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6869

Actions (login required)

View Item View Item