PENERAPAN MODEL MARKET VALUE ADDED DAN ECONOMIC VALUE ADDED DALAM PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN (Studi Pada PT. Apexindo Pratama Duta Tbk.)

Hasan, Achmad (2007) PENERAPAN MODEL MARKET VALUE ADDED DAN ECONOMIC VALUE ADDED DALAM PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN (Studi Pada PT. Apexindo Pratama Duta Tbk.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN MODEL MARKET VALUE ADDED DAN ECONOMIC VALUE ADDED DALAM PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatory, dengan judul “Penerapan Model Market Value Added Dan Economic Value Added Dalam Pengukuran Kinerja Keuangan” (Studi Pada PT. Apexindo Pratama Duta Tbk). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan pengujian secara empiris kinerja keuangan pada PT. Apexindo Pratama Duta Tbk., dengan konsep MVA dan EVA. Dalam penelitian ini, penulis menyatakan hipotesis, yaitu: kinerja keuangan PT. Apexindo Pratama Duta Tbk., selama periode 2003 sampai 2005 sehat. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode MVA yang diperoleh dari nilai ekuitas yang diinvestasikan oleh investor dikurangi modal ekuitas yang diinvestasikan oleh investor dan EVA yang diperoleh dari laba operasi bersih setelah pajak dikurangi biaya modal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kinerja keuangan PT. Apexindo Pratama Duta Tbk., jika dinilai dengan metode MVA, pada tahun 2003-2004 kinerjanya tidak sehat, sedangkan pada tahun 2005 kinerjanya sehat. Apabila dinilai dengan metode EVA, pada tahun 2003 kinerjanya sehat, sedangkan pada tahun 2004-2005 kinerjanya tidak sehat. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengimplikasikan. Pertama, bagi perusahaan, metode MVA dan EVA dapat dijadikan suatu pedoman bagi manajer perusahaan untuk memperhatikan harapan-harapan penyandang dana (kreditur dan pemegang saham) dan dapat dijadikan bahan evaluasi terhadap biaya modal yang digunakan perusahaan. Kedua, kepada masyarakat atau calon penyandang dana, hendaknya memperhatikan dan mempertimbangkan dalam proses pemilihan pengalokasian dana pada perusahaan yang akan dipilih. Disamping memperhatikan kinerja keuangan perusahaan, yang tidak kalah pentingnya apakah perusahaan tersebut memberikan nilai tambah bagi penyandang dana. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan referensi dan pembanding untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2012 07:26
Last Modified: 08 Jun 2012 07:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item