AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS 2 DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW DI SLTPN 13 BIMA

Hartati, Dewi (2007) AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS 2 DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW DI SLTPN 13 BIMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AKTIVITAS_DAN_PRESTASI_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_BIOLOGI_KELAS_2_DENGAN_METODE_KOOPERATIF_MODEL_JIGSAW_DI_SLTPN_13_BIMA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilokasi penelitian, metode pengajaran yang masih umum masih digunakan oleh guru di SLTPN 13 BIMA adalah metode ceramah akibatnya siswa menjadi pasif dan bosan, sehingga mereka malas untuk belajar dan prestasi belajarnya perlu dilakukan variasi dalam proses belajar mengajar misalnya dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa model, salah satunya model jigsaw. Melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw, siswa dilatih bekerjasama, saling mendengarkan pendapat teman, dan bertanggung jawab menunjukan penguasaannya terhadap materi yang ditugaskan guru. Penelitian tindakan kelas (PTK) pembelajaran model jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas 2 di SLTPN 13 BIMA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan data aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 18,91% (tingkat kurang), 27,22% (tingkat cukup), dan 53,33% (tingkat baik), pada siklus II adalah 5,57% (tingkat kurang), 21,11% (tingkat cukup), dan 70% (tingkat baik). Perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran koopertif model jigsaw 76,05 dan setelah menggunakan pembelajaran koopertif model jigsaw diperoleh skor rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 83,5 dan pada siklus II adalah 87,75. Hasil analisis dapat menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2012 06:43
Last Modified: 08 Jun 2012 06:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item