UMM Institutional Repository

PERAN PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA 2017 (STUDI: PEMILIHAN KEPALA DESA TEBANAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN SAMPANG)

Ropek, Ropek (2020) PERAN PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA 2017 (STUDI: PEMILIHAN KEPALA DESA TEBANAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN SAMPANG). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN 01.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan Kepala Desa merupakan wujud demokrasi desa yang diyakini dan diharapkan dapat mengakomodasi aspirasi masyarakat dalam desa. Namun pemilihan kepala desa yang dilakukan pemilihan secara langsung ini menunutut kesiapan masyarakat agar dapat berpartisipasi dan menjadi pemilih yang rasional. Realitas dalam praktiknya masih banyak masyarakat yang belum siap, mereka masih di pengaruhi oleh banyak hal antara lain adalah tingkat pendidikan dan lingkungan sosial yang ada. Kondisi masyarakat yang demikian menimbulkan pertanyaan bagaimana partisipasi politik masyarakat desa pada pemilihan kepala desa dalam mengakomodir aspirasi masyarakat desa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan partisipasi politik masyarakat Desa Tebenah sebagai pemilih dalam pemilihan kepala Desa Tebanah dengan kondisi peradaban yang rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode kualitatif. Tenik pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah tokoh masyarakat Tebanah, pemuda atau masyarakat Desa Tebanah sebagai pemilih, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa. Hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa partisipasi politik masyarakat Desa Tebanah tergolong masyarakat yang aktif meskipun dalam hirarki paling rendah yaitu manipulasi. Adapun tingkat partisipasi politik mayoritas masyarakat di Desa Tebanah masuk dalam kategori tingkatan yang paling rendah dalam tangga partisipasi yang dikemukakan oleh Sherry Arstein. Sementara itu jika dilihat dari keterlibatan masyarakat Desa Tebanah dalam partisipasi pemilihan kepala desa juga dilatarbelakangi dengan motif kekeluargaan dan kedekatan masyarakat dengan calon kepala desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310050311054
Thesis Advisors: Tri Sulistyaningsih (0022066401), Muhammad Hayat (0705086901)
Keywords: Partisipasi Politik, Tingkat Partisipasi Politik. Motif Partisipasi Politik.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: 201310050311054
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:30
Last Modified: 16 Oct 2020 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/68052

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo