Studi Aktivitas Marketing Public Relations Hotel Inna Simpang Surabaya dalam Mengkomunikasikan Citra Produk Kepada Pelanggan”

Hanna Desita, Nelta (2007) Studi Aktivitas Marketing Public Relations Hotel Inna Simpang Surabaya dalam Mengkomunikasikan Citra Produk Kepada Pelanggan”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Studi_Aktivitas_Marketing_Public_Relations_Hotel_Inna_SimpangSurabaya_dalam_Mengkomunikasikan_Citra_Produk_KepadaPelanggan.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah tertariknya peneliti akan banyaknya aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan Marketing Public Relations dalam mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan, sehingga harus benar­benar diperlukan pemikiran khusus untuk memilih kegiatan yang dianggap paling efektif untuk mengkomunikasikan citra positif suatu produk. Agar di dalam pelaksanaan aktivitas atau kegiatannya Marketing Public Relations dapat melaksanakan dengan semaksimal mungkin dan memperoleh hasil sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Hotel Inna Simpang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimana aktivitas Marketing Public Relations dalam mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan.” Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana aktivitas Marketing Public Relations dalam mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan. Sedangkan kegunaannya adalah: (1)Secara teoritis, diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan studi komunikasi pada aplikasi Public Relations khususnya mengenai Marketing Public Relations.(2)Secara praktis, hasil penelitian diharapkan dapat memberi masukan pada Hotel Inna Simpang mengenai aktivitas Marketing Public Relations dalam mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan. Fokus penelitian ini adalah kegiatan­kegiatan yang dilakukan oleh Marketing Public Relations dalam mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan terutama dalam hal kegiatan promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1)Tipe penelitian, yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. (2)Sumber informasi, yaitu Marketing Manager, Public Relations Manager dan Sales Representative.(3) Lokasi penelitian, yaitu di Hotel Inna Simpang Jl. Gubernur Suryo No.1­3 Surabaya.(4) Metode pengumpulan data sebagai berikut: (a)Observasi, dengan melakukan pengamatan langsung tentang yang berhubungan dengan topik penelitian. (b)Wawancara, dengan mengajukan pertanyaan secara langsung mengenai kegiatan­kegiatan yang dilaksanakan Marketing Public Relations. (c)Dokumentasi, untuk memperoleh data yang sistematik mengenai kegiatan yang berkaitan dengan upaya mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan. (5)Teknik analisa data, setelah data terkumpul maka peneliti menggunakan analisa domain dalam pengolahan data. Teknik ini dilakukan untuk memperoleh gambaran atau pengertian yang bersifat umum atau di tingkat permukaan namun relatif menyeluruh tentang apa yang tercakup di suatu fokus atau pokok permasalahan yang tengah diteliti. Dalam melakukan penelitian peneliti memperoleh hasil: bahwa keberadaan Marketing Public Relations di Hotel Inna Simpang sangat penting, untuk mengkomunikasikan citra produk kepada pelanggan. Marketing Public Relations adalah jembatan komunikasi antara Hotel Inna Simpang dengan para pelanggan. Aktivitas Marketing Public Relations dapat dilihat melalui kegiatan promosi yang meliputi kegiatan periklanan, personal selling, sales promotion dengan tujuanmenyebarkan informasi mengenai produk­produk yang di Hotel Inna Simpang melaui media cetak yaitu surat kabar dan majalah serta media elektronik meliputi radio, televisi dan internet. Selain kegiatan promosi, kegiatan pelayanan prima juga sangat penting agar pelanggan merasa puas dan tetap menggunakan produk Hotel Inna Simpang. Selain itu juga dilakukan kontak pribadi serta hubungan dengan media massa dalam rangka membentuk relationship dan good image. Dengan aktivitas Marketing Public Relations yang sudah dilakukan, diharapkan citra produk yang terbentuk bisa lebih ditingkatkan melalui strategi­strategi yang lebih baik lagi dengan lebih meningkatkan kegiatan promosi melalui media elektronik dengan lebih intensif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2012 03:25
Last Modified: 08 Jun 2012 03:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item