Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Shampo Anti Ketombe Merek Clear (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang)

Cahyo Hindarto, Andri (2006) Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Shampo Anti Ketombe Merek Clear (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pengaruh_Iklan_Di_Televisi_Terhadap_Keputusan_Konsumen_Untuk_Membeli_Produk_Shampo_Anti_Ketombe_Merek_Clear.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Iklan televisi merupakan salah satu sarana informasi yang unik dimana dalam proses penyampaiannya didukung oleh dua komponen yaitu komponen verbal yang terdiri pilihan kata, bahasa, suara, dan musik serta komponen visual yang terdiri dari ilustrasi warna, ilustrasi gambar, demonstrasi dan sumber pesan, yang kesemuanya itu menjadikan televisi seolah-olah hidup dan nyata dalam membentuk jaring-jaring asosiasi tertentu pada audiens atas produk, merek maupun perusahaan tersebut melalui proses pembentukan kesan-kesan yang masuk dalam proses kognitif yang berfungsi untuk menerjemahkan, memberi kesimpulan umum atas segala informasi pemasaran yang masuk dalam pengideraannya, dan akhirnya menuntunya untuk melakukan penyikapan atas makna dari pesan-pesan tersebut terhadap relevansi pribadinya yang menimbulkan keputusan konsumen dalam dirinya untuk membeli. Sedangkan perilaku konsumen adalah suatu hal yang mendorong seseorang untuk melakukan pembelian suatu produk. Dipilihnya produk shampo anti ketombe merek Clear karena merupakan penguasa kedua market share pasar shampo dan iklan ini sangat mengena di masyarakat sebagai iklan yang konsisten dalam penyampaian pesannya sebagai shampo anti ketombe yang membuat rambut segar, tidak berketombe, lebih bercahaya, sehat dan sumber pesan memiliki ciri dengan menggunakan baju hitam. Sehingga ingin mengetahui sejauh mana pengaruh iklan tersebut pada diri konsumen yang memilih iklan tersebut kaitannya dengan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian shampo anti ketombe merek Clear dan pengaruhnya terhadap label pembelian dan meningkatkan pendapatan pada perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Dalam hasil analisis Regresi yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa pengaruh iklan shampo anti ketombe merek Clear di televisi terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai pengaruh besar yang positif dan signifikan. Ini disebabkan bahwa pesan iklan shampo anti ketombe merek Clear yang disampaikan di televisi mempunyai segmentasi, targeting, posisioning yang tepat dalam menciptakan suatu kesan tertentu atau citra tertentu di benak konsumen sehingga mendapatkan tempat dalam struktur ingatan konsumen lebih banyak dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Tetapi hal ini juga akan dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti faktor budaya (budaya, sub budaya, dan kelas sosial), faktor sosial (kelompok acuan, keluarga, peran dan status), faktor pribadi (usia, tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli), dan faktor psikologis (motivasi, persepsi, pengetahuan, serta keyakinan dan kepribadian).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 08 Jun 2012 02:59
Last Modified: 08 Jun 2012 02:59
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item