PARTISIPASI PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS DALAM PENDIDIKAN POLITIK (Studi Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Di Desa Menala Dusun Tanakakan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat)

Hakim, Lukmanul (2007) PARTISIPASI PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS DALAM PENDIDIKAN POLITIK (Studi Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Di Desa Menala Dusun Tanakakan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PARTISIPASI_PONDOK_PESANTREN_AL.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Perkembangan konstelasi politik di Indonesia berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan masyarakat, termasuk Pondok pesantren. Selain berfungsi sebagai tempat pendidikan agama pondok pesantren juga mempunyai peran untuk berpartisipasi dalam pendidikan politik terhadap para Santrinya. Pondok Pesantren Al-Ikhlas sebagai lembaga pendidikan pondok modern juga melaksanakan pendidikan politik kepada para Santrinya. Keterlibatan Pondok Pesantren Al-Ikhlas dalam melaksanakan pendidikan politik kepada para Santri ini perlu dicermati, karena Pondok Pesantren Al-Ikhlas mempunyai pengaruh yang kuat dalam komunitas masyarakat kecamatan Taliwang Sumbawa Barat, sehingga Pondok Pesantren Al-Ikhlas mempunyai posisi tawar tinggi terhadap institusi pemerintah Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dalam mempengaruhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah setempat. Untuk itu peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana bentuk partisipasi Pondok Pesantren Al- Ikhlas dalam pendidikan politik di Desa Manala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat ?; Sejauh mana intensitas pendidikan politik yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al-Ikhlas Di Desa Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat ?. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang mencoba menggambarkan bentuk partisipasi Pondok Pesantren Al-Ikhlas dalam pendidikan politik dan intensitas pendidikan politik yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al-Ikhlas. Peneliti menggunakan sampel penelitian dengan memilih 7 orang yang terdiri dari Ustad dan Santri yang menjadi pengurus organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara semi terstruktur dan observasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap semua data yang diterima dan analisis dilakukan selama maupun sesudah kegiatan lapangan Dari hasil penelitian bisa diketahui bahwa bentuk partisipasi Pondok Pesantren Al-Ikhlas dalam pendidikan politik dilaksanakan melalui kurikulum penunjang pendidikan politik dan pengajaran mata pelajaran Tarikh Islam. Sedangkan intensitas pendidikan politik dituangkan dalam pembelajaran diskusi politik Santri, pembinaan organisasi Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas dan rekrutmen pengurus kelas. Peneliti menyimpulkan bahwa bentuk partisipasi Pondok Pesantren Al-Ikhlas dalam pendidikan politik melalui proses belajar mengajar yang terdiri dari kurikulum penunjang pendidikan politik dan pengajaran mata pelajaran Tarikh Islam sudah berjalan dengan baik, karena dilaksanakan secara terprogram, gradual dan sistematis. Sedangkan intensitas pendidikan politik dituangkan dalam rutinitas kegiatan Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas yang terdiri dari; pembelajaran diskusi politik, pembinaan organisasi santri dan rekrutmen pengurus kelas sudah cukup tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari tingkat keseringan dan keterlibatan sebagian besar santri dan pengurus pondok/ Ustad dalam melaksanakan program diskusi politik, pembinaan organisasi dan proses rekrutmen pengurus kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jun 2012 06:45
Last Modified: 06 Jun 2012 06:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item View Item