PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

HOLISAH, HOLISAH (2007) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_MASYARAKAT_TERHADAP_KUALITAS_PELAYANAN_PASIEN_RAWAT_INAP_DIRUMAH_SAKIT_UMUM_DAERAH_Dr.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pelayanan Publik oleh aparatur pemerintahan dewasa ini masih banyak di jumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang di harapkan masyarakat. Hal ini di tandai dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang di sampaikan melalui media massa, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintahan. Mengingat fungsi utama pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana telah di amanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang program pembangunan nasional (PROPERNAS), perlu di susun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur menilai tingkat kualitas pelayanan. Indeks kepuasan masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Dalam uraian Metodologi Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data menggunakan Data dan Sumber Data, maka peneliti menggunakan penelitian yang bersifat Deskriptif dengan analisa data kualitatif. Bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang: a.Pengetahuan pasien tentang pelayanan administrasi, b. Pendapat pasien dan keluarganya terhadap pelayanan petugas medis dan dokter, c. Pendapat pasien dan keluarganya tentang fasilitas penunjang rumah sakit, d. Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadap harga pengobatan. Dari hasil penelitian yang di dapat maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemudahan dan kecepatan pelayanan administrasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Cukup Memuaskan. Ini dapat dilihat pada tanggapan atau jawaban pasien dan keluarga pasien 80% menyatakan setuju dnegan pernyataan pelayanan atau prosedur administrasi (proses pendaftaran rawat inap, proses pengurusan ASKES, proses kepulangan pasien dan proses pembayaran) cukup mudah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:28
Last Modified: 06 Jun 2012 04:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item