UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH)

Puspitasari, Adita (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL JARAK JAUH ANTARA ORANG TUA DAN ANAK (STUDI PADA MAHASISWA FISIP YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi yang dilakukan orang tua dan anak pada hubungan yang berdekatan bisa berjalan dengan lancar karena komunikasi dilakukan setiap hari. Berbeda jika komunikasi yang dilakukan orangtua dan anak yang mengalami jarak jauh, tidak dapat dipungkiri intensitas komunikasi yang dilakukan orang tua dan anak menjadi jarang. Terbukti dengan adanya hubungan jarak jauh yang dialami oleh Mahasiswa Fisip yang berasal dari luar Daerah. Dengan adanya perbedaan jarak, komunikasi orang tua dan anak tidak lagi secara langsung tatap muka melainkan dengan menggunakan media sebagai penghubung komunikasi mereka. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana komunikasi interpersonal jarak jauh antara orang tua dan anak? Apa saja hambatan komunikasi interpersonal jarak jauh antara orng tua dan anak? Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan analisis wacana atas pola komunikasi dan hambatan jarak jauh antara orang tua dan anak Dan metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dalam Penelitian menunjukkan komunikasi yang digunakan oleh Mahasiswa Fisip terhadap orang tuanya lebih dominan ke pola komunikasi konsensual yaitu pola komunikasi yang menekankan hubungan yang harmonis dan komunikasi yang terbuka antara satu sama lain, terbukti dari wawancara terhadap 10 orang mahasiswa yang 6 orang diantaranya menggunakan pola komunikasi konsensual, karena intensitas percakapan mereka terhadap orang tuanya hampir terjalin setiap hari. Adapun hambatan komunikasi jarak jauh antara orang tua dan anak adalah hambatan teknis, hambatan semantik, dan hambatan manusiawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310040311160
Thesis Advisors: M. Himawan Sutanto (10303090397)
Keywords: Komunikasi, komunikasi keluarga, komunikasi interpersonal, teori skema hubungan keluarga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 201310040311160
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:44
Last Modified: 01 Oct 2020 06:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/67014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo