ANALISIS RESPON SISWA SMK TERHADAP AKTIFITAS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) BIDANG STUDI MATEMATIKA DI KOTA MALANG

CAHYANTI, EKA (2006) ANALISIS RESPON SISWA SMK TERHADAP AKTIFITAS SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) BIDANG STUDI MATEMATIKA DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_RESPON_SISWA_SMK_TERHADAP_AKTIFITAS_SEKOLAH_DALAM_MENGHADAPI_UJIAN_NASIONAL.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Terkait dengan penilaian pendidikan secara nasional mulai akhir tahun pelajaran 2002/2003, Menteri Pendidikan Nasional memutuskan UN (Ujian Nasional) sebagai tujuan nasional untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Ada tiga bidang studi yang diujikan secara nasional diantaranya: Bahas Indonesia, bahasa Inggris dan Matematika. hasil dari UN ditentukan juga standart/patokan penilaian setiap bidang studi. Standart/patokan penilaian batas minimum kompetensi setiap bidang studi pada tahun 2005/2006 adalah 4,26 dengan rata-rata lebih dari 4,51 dan tanpa UN tahap II, sehingga sangatlah penting untuk mengetahui persiapan apa saja yang dilakukan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional bidang studi matematika. Di dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kegiatan program intensif siswa dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional bidang studi matematika dan komponen-komponen yang mempengaruhi belajar siswa SMK di kota Malang dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SMK Negeri dan Swasta di kota Malang tahun pelajaran 2005/2006. Karena besarnya jumlah populasi maka digunakan purposive sample (sampel bertujuan) yang diambil dari populasi sebanyak 163 siswa yang terdiri dari SMK Negeri dan Swasta di kota Malang. Untuk mengetahui bagaimana kegiatan program intensif bidang studi matematika dan komponen-komponen yang mempengaruhi belajar siswa SMK dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional bidang studi matematika digunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa untuk kegiatan program intensif yang diadakan di sekolah dan di luar sekolah kurang mampu membantu siswa dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional bidang studi matematika. Sedangkan untuk komponen-komponen yang mempengaruhi belajar siswa yang dintaranya peran guru, peran sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana di sekolah dan peran teman sebaya sebagai pemberi motivasi diperoleh hasil bahwa siswa SMK setuju apabila peran guru, peran sekolah dan teman sebaya memberikan peran yang penting bagi persiapan menghadapi Ujian Nasional bidang studi matematika untuk siswa SMK di Kota Malang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan program intensif bagi siswa SMK di sekolah dan luar sekolah kurang memberikan peran yang cukup penting dalam persiapan siswa mengahadapi Ujian Nasional bidang studi matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:04
Last Modified: 06 Jun 2012 04:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6698

Actions (login required)

View Item View Item