PENGARUH IKLAN BERLABEL BEBAS FORMALIN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN IBU RUMAH TANGGA(Studi Tentang Iklan Produk Sosis Merek Sozzis di Televisi Terhadap Ibu-Ibu Rumah Tangga di Perumahan Sukarno Hatta Dalam I Malang)

CAHYANI, INDRI DWI (2006) PENGARUH IKLAN BERLABEL BEBAS FORMALIN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN IBU RUMAH TANGGA(Studi Tentang Iklan Produk Sosis Merek Sozzis di Televisi Terhadap Ibu-Ibu Rumah Tangga di Perumahan Sukarno Hatta Dalam I Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_IKLAN_BERLABEL_BEBAS_FORMALIN_TERHADAPTINGKAT_KEPERCAYAAN_IBU_RUMAH_TANGGA.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Keywords: Label bebas formalin dan tingkat kepercayaan Pada hakikatnya iklan adalah suatu bentuk proses komunikasi, karena didalam iklan terdapat penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Strategi inilah yang coba dilakukan oleh produk sosis merek Sozzis dalam mempertahankan citranya dimata masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat sebagai imbas dari isu formalin yang terdapat pada hampir semua makan berbahan pengawet atau makanan cepat saji seperti Sozzis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh iklan Sozzis berlabel bebas formalin di televisi terhadap tingkat kepercayaan ibu rumah tangga, serta seberapa besar pengaruh iklan Sozzis berlabel bebas formalin di televisi terhadap tingkat kepercayaan ibu rumah tangga. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklan Sozzis berlabel bebas formalin terhadap tingkat kepercayaan ibu rumah tangga, serta untuk mengetahui besar tingkat pengaruh iklan Sozzis berlabel bebas formalin terhadap tingkat kepercayaan ibu rumah tangga. Dalam mencari jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori AIDC. Teori ini disebut dengan teori AIDC konkritnya didahului dengan adanya perhatian (attention), kemudian menarik (Interest), membangkitkan keinginan (Desire), serta menimbulkan keyakinan/ percaya (Conviction). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif, yaitu untuk menguji hubungan antara variabel yang dihipotesakan. Hipotesa itu sendiri menggambarkan pengaruh antar dua variabel atau lebih, untuk mengetahui apakah suatu variabel dipengaruhi atau tidak oleh variabel lainnya. Sedangkan dasar penelitian ini adalah survey yang merupakan suatu penelitian dengan cara mengumpulkan data dari sejumlah unit atau individu dalam waktu yang bersamaan. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga di perumahan Sukarno Hatta Dalam I Malang dengan karakteristik tertentu sesuai dengan tujuan penelitian ini.Berdasarkan karakteristik tersebut, jumlah populasi yang didapat adalah sebanyak 85 orang. Sampel digunakan dengan menggunakan total sampling, yaitu sama dengan jumlah populasi sebanyak 85 orang. Teknik penngumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Untuk mencari pengaruh iklan berlabel bebas formalin terhadap tingkat kepercayan ibu rumah tangga digunakan rumus determinasi, R2. Hasil penelitian menunjukkan besarnya thitung yaitu 18,929 nilainya lebih besar dari ttabel yaitu 1,658 (18,929 > 1,658). Ini berarti bahwa iklan Sozzis yang berlabel bebas formalin di televisi mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepercayaan ibu rumah tangga di perumahan Sukarno Hatta Dalam I Malang Untuk mengetahui seberapa besar tingkat. Pengaruh label terhadap tingkat kepercayaan dapat dinilai dari nilai koefesien determinasi yang menunjukkan nilai sebesar 0,812, tingkat ini menunjukkan bahwa variabel terikat dipengaruhi sebesar 81% oleh variabel bebas. Dengan kata lain, variabel label bebas formalin memberikan sumbangan 81% kepada variabel tingkat kepercayaan. Dengan demikian, pengaruh yang ditimbulkan termasuk pada tingkat kuat, sedangkan 19% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jun 2012 03:59
Last Modified: 06 Jun 2012 03:59
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item