STUDI TENTANG KREATIVITAS GURU BIDANG STUDI BIOLOGI DALAM OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN LAMONGAN

HIDAYATI, LULUK (2007) STUDI TENTANG KREATIVITAS GURU BIDANG STUDI BIOLOGI DALAM OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_TENTANG_KREATIVITAS_GURU_BIDANG_STUDI_BIOLOGI_DALAM_OPTIMALISASI_PEMANFAATAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_DI_SMA_NEGERI_KABUPATEN_LAMONGAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar para siswa di setiap jenjang dan tingkat pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Penggunaan media pengajaran dapat mempertinggi kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa, guru lebih mudah mengatur dan memberi petunjuk kepada siswa apa yang harus dilakukannya dari media yang digunakannya. Dalam pemanfaatan media pembelajaran, guru hendaknya memiliki kreativitas, dengan kreativitas yang dimiliki oleh seorang guru, maka guru dapat menuangkan berbagai ide, konsep, pengalaman, dan pengetahuannya dalam pemanfaatan media pembelajaran, sehingga media pembelajaran dapat termanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru sebagai proses kognitif dalam mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran dan tingkat kesesuaian/relevansi pemilihan media pembelajaran terhadap isi pelajaran, untuk mengetahui kreativitas guru sebagai hasil nyata suatu usaha kreatif dalam menciptakan media pembelajaran guna mengatasi keterbatasan media yang ada, dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru bidang studi biologi di SMA Negeri Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data tentang kreativitas guru sebagai proses, faktor- faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media, dan tingkat kesesuaian media terhadap isi pelajaran dianalisis mengunakan rumus frekuensi relatif yang dituangkan dalam angka persenan, sedangkan kreativitas guru sebagai hasil nyata suatu usaha kreatif dianalisis menggunakan rumus rata-rata (mean) yang dituangkan dalam bentuk persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru-guru memiliki dan menggunakan kreativitas sebagai proses kognitif dalam pemanfaatan media pembelajaran. Sedangkan kreativitas guru sebagai hasil nyata suatu usaha kreatif, antara guru yang satu dengan guru yang lain memiliki kreativitas yang berbeda-beda/bervariasi. Tingkat kesesuaian pemilihan media pembelajaran terhadap isi pelajaran yang dilakukan oleh guru-guru bidang studi biologi di SMA Negeri Kabupaten lamongan, menunjukkan media yang digunakan. tingkat kesesuaiannya terhadap isi pelajaran Tinggi (T) dan Sedang (S). Terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kreativitas guru dalam upaya optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 06 Jun 2012 03:48
Last Modified: 06 Jun 2012 03:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item View Item