STRATEGI KOMUNIKASI FEMALE PRESENTER DALAM MEMASARKAN PRODUK Studi pada Female Presenter Rokok Lucky Strike di Malang

Budiutami, Indriani Cyntia (2006) STRATEGI KOMUNIKASI FEMALE PRESENTER DALAM MEMASARKAN PRODUK Studi pada Female Presenter Rokok Lucky Strike di Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_KOMUNIKASI_FEMALE_PRESENTER_DALAMMEMASARKAN_PRODUKStudi_pada_Female_Presenter_Rokok_Lucky_Strike_di_Malang.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Hubungan promosi dan pemasaran tidak dapat dipisahkan dalam keberhasilan menjual barang atau jasa, dan disinilah dibutuhkan strategi komunikasi yang baik antara perusahaan dengan calon konsumen. Perusahaan rokok putih terbesar PT. British American Tobacco Indonesia dalam memasarkan produk di Malang dengan menggunakan jasa Female Presenter sebagai penghubung perusahaan dengan konsumen. Mereka berperan penting dalam pemasaran suatu perusahaan, karena mereka mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen secara langsung, mempresentasikan produk kepada masyarakat dengan menggunakan komunikasi antar personal. Secara teoritis, aktivitas pemasaran Female Presenter yang secara langsung dan tatap muka dengan calon konsumen dalam memasarkan produknya termasuk kedalam bagian personal selling di dalam bauran komunikasi pemasaran yaitu presentasi pribadi Female Presenter dengan calon konsumen, dan komunikasi yang digunakan di dalam personal selling tersebut adalah komunikasi antar personal karena di dalam personal selling tersebut terjadi komunikasi antar dua orang atau lebih dengan beberapa efek dan umpan balik seketika. Ada lima strategi komunikasi antar personal yang dikemukakan oleh Gerald R. Miller, yaitu strategi wortel terayun, strategi pedang tergantung, strategi katalisator, strategi kembar siam dan strategi dunia peri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh pemahaman, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan dan interview. Data yang terkumpul dari hasil wawancara dimasukkan ke dalam kategori-kategori strategi yang ada untuk dilakukan interpretasi, baik terhadap data-data dalam satu kategori maupun kaitan antar kategori. Sementara itu data hasil observasi partisipan selain diinterpretasikan juga digunakan untuk memperkuat temuan yang dihasilkan dari data hasil wawancara. Kenyataan di lapangan, komunikasi pemasaran secara personal selling yang dilakukan oleh Female Presenter didalamnya terjadi komunikasi antar personal yang terjadi karena tingkah laku calon konsumen yang kurang sopan seperti menanyakan nama dan nomer telefon Female Presenter. Dari lima strategi komunikasi antar personal Gerald R. Miller diatas, terdapat tiga strategi yang sering digunakan oleh Female Presenter dalam aktivitas pemasaran yang terjadi, yaitu strategi katalisator memasarkan produk dengan menjaga hubungan baik dan mengajak calon konsumen untuk berpikir secara rasional, strategi wortel terayun, memasarkan produk dengan hadiah, dan strategi dunia peri juga terkadang digunakan oleh Female Presenter kepada calon konsumen yang belum terbiasa mengkonsumsi rokok Lucky Strike dengan mempresentasikan kelebihan-kelebihan rokok Lucky Strike kepada calon konsumen. Hasil observasi langsung dan wawancara yang dilakukan, diketahui bahwa diantara ketiga strategi diatas yang paling sering digunakan oleh Female Presenter adalah strategi wortel terayun dan strategi katalisator, karena merchandise yang menarik dan calon konsumen yang mayoritas adalah laki-laki lebih rasional dengan interaksi yang terjadi di dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Female Presenter. Karena itu lebih baik strategi katalisator yang lebih diutamakan karena mengajak calon konsumen untuk berpikir sehingga secara tidak langsung mengajak calon konsumen untuk mengkonsumsi rokok Lucky Strike, bukan karena merchandise tetapi karena keinginan sendiri. Selain itu komunikasi dilakukan secara terus menerus dan pendekatan yang halus dengan memberikan informasi baru dan kelebihan-kelebihan tentang rokok Lucky Strike kepada calon konsumen melalui presentasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jun 2012 03:17
Last Modified: 06 Jun 2012 03:17
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6683

Actions (login required)

View Item View Item