IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS 3 SEKOLAH DASAR SENTUL II BLITAR

Budi Riawati, Luhur (2006) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS 3 SEKOLAH DASAR SENTUL II BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_CONTEXTUAL_TEACHING_AND_LEARNING.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Sejauh ini matematika selalu dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami, sehingga kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Pembelajaran umumnya belum berjalan secara bermakna artinya siswa cenderung diberi hafalan sebanyak-banyaknya. Rendahnya perolehan hasil belajar siswa pada umumnya disebabkan oleh strategi yang digunakan oleh guru kurang tepat dan kurang bervariasi. Hal ini berbeda dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), karena pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ini menempatkan realita dan lingkungan di awal pembelajaran untuk membangun konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan CTL, mengetahui ketuntasan siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelajaran matematika materi pokok pecahan yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Sentul II Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang akan dikumpulkan bersifat deskriptif. Data yang akan diambil pada penelitian ini adalah data tentang aktivitas guru dan siswa, data hasil belajar siswa, dan data tentang respon siswa. Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Sentul II Blitar. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi, tes, dan angket respon siswa. Pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL melalui tiga tahap yaitu , (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti, (3) kegiatan akhir. Dari penelitian ini diperoleh hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik (A), karena telah memenuhi rentangan nilai 85%-100%. Hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal, nilai yang dicapai siswa adalah 76,32%. Untuk hasil respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan ternyata positif, karena siswa merasa senang dan ternyata pendekatan CTL dapat membantu mereka dalam memahami materi pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 06 Jun 2012 02:55
Last Modified: 06 Jun 2012 02:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item