DISAIN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA DISAIN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

HIDAYAH, EMIL (2007) DISAIN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA DISAIN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
DISAIN_PROGRAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_MEDIA_DISAIN_ANIMASI_PEMBELAJARAN_PADA_MATERI_SISTEM_PERSAMAAN_LINEAR.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan guru sehingga siswa mampu mengenali kondisi lingkungannya. Diharapkan, melalui proses belajar-mengajar, peserta didik diberi ruang untuk mengekspresikan ilmu yang diperoleh sesuai dengan potensi masing-masing. Dewasa ini bidang pendidikan secara umum terpengaruh oleh adanya perkembangan dalam bidang teknologi. Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang di tata dan diciptakan oleh guru. Sehingga melalui media tersebut seorang siswa diharapkan dapat memahami materi-materi matematika yang disampaikan. Selain itu, melalui media ini diharapkan proses belajar mengajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sehingga siswa tidak hanya monoton belajar di dalam kelas. Penulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran yang berupa media pembelajaran matematika dengan media disain animasi pembelajaran pada materi persamaan linear. Pembuatan disain animasi ini menggunakan fasilitas Macromedia Flash MX. Di sini terdapat 4 komponen menu utama dalam pembuatannya, yaitu menu pengantar merupakan menu utama yang menjadi halaman pengantar sebelum siswa mempelajari materi, menu materi, yang merupakan pembahasan materi persamaan linear, menu contoh yaitu menu yang membahas contoh soal yang bersesuaian dengan materi yang dibahas, dan menu soal yang berisi 10 soal pilihan ganda, dalam menu soal ini juga terdapat pilihan periksa jawaban ketika siswa memilih jawaban yang benar.Untuk menggunakan disain animasi ini cukup mudah karena disain ini dalam bentuk CD (Compact Disk) pembelajaran interaktif, bukalah CD pada komputer, layout awal atau halaman utama dari disain animasi pembelajaran akan tampil, silahkan pilih kategori yang diinginkan. Setelah selesai silahkan tutup aplikasi anda. Diharapkan disain animasi pembelajaran ini dapat dikembangkan lebih lanjut baik mengenai disain tampilan, ataupun keinteraktifannya sehingga mampu memberikan sumbangan dalam pembelajaran matematika. Selain itu pula, diharapkan pada disain animasi pembelajaran selanjutnya tidak hanya terdapat satu materi saja, tapi dapat dikembangkan menjadi semua materi pelajaran matematika atau bahkan semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, atupun Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jun 2012 07:47
Last Modified: 05 Jun 2012 07:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item