ANALISIS TANGGAPAN AUDIENS TERHADAP IKLAN DI INTERNET(STUDI PADA PENGGUNA INTERNET LOTUSNET BLIMBING MALANG)

HERMON, BOYKE SURYAVA (2007) ANALISIS TANGGAPAN AUDIENS TERHADAP IKLAN DI INTERNET(STUDI PADA PENGGUNA INTERNET LOTUSNET BLIMBING MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS TANGGAPAN AUDIENS TERHADAP IKLAN DI INTERNET.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Hampir semua perusahaan-perusahaan besar sudah membuat suatu website di internet yang tujuannya adalah menyebarluaskan informasi tentang keberadaan secara keseluruhan dari aktivitas perusahaan yang bersangkutan. Kelebihan menampilkan iklan di internet adalah produsen tersebut dapat memberikan informasi seluas-luasnya berbagai hal yang tidak hanya berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual akan tetapi juga latar belakang, berbagai aspek perusahaan dapat ditampilkan dalam iklan internet tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas, maka akan dilakukan penelitian dengan judul "Analisis Tanggapan Audiens terhadap Iklan di Internet (Studi pada Pengguna Internet di LotusNet Blimbing Malang)". Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan memberikan angket pertanyaan pada responden yang berjumlah 55 orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana tanggapan pengguna internet terhadap iklan di internet dan (b) Apakah ada pengaruh antara media iklan yang digunakan, tampilan iklan, keakuratan informasi iklan dan materi iklan terhadap pengguna internet. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (a) Diduga ada pengaruh antara faktor iklan di internet yang terdiri dari media iklan yang digunakan (XI), tampilan iklan (X2), keakuratan informasi iklan (X3) dan materi iklan (X4) terhadap tanggapan audiens internet (Y) pada pengguna internet dan (b) Diduga keakuratan informasi iklan (X3) dari faktor media iklan di internet memberikan pengaruh dominan terhadap tanggapan pengguna internet (Y) pada audiens internet. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan uji korelasi berganda diperoleh F hitung sebesar 20,589 dan F tabel 2,64, maka ada pengaruh yang signifikan antara variabel media iklan yang digunakan, tampilan iklan, keakuratan informasi iklan dan materi iklan terhadap variabel tanggapan audiens internet, dan untuk menguji hipotesis II, maka dengan menggunakan uji parsial yaitu uji t diperoleh bahwa variabel keakuratan informasi iklan (X3) memberikan pengaruh dominan, yaitu dengan ditunjukkan korelasi beta 0,5523 yang berarti sebesar 55,23% dari keseluruhan regresi yaitu 0,6809 dipengaruhi oleh faktor keakuratan informasi iklan, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut hendaknya pihak pemasang iklan diinternet selalu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan audiens internet seperti faktor media iklan yang digunakan, tampilan iklan, keakuratan informasi iklan dan materi iklan, sebab berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat factor tersebut berpengaruh terhadap tanggapan atau respon oleh pengguna internet yang akan inencari beberapa informasi dalam internet, seperti lowongan pekerjaan, dunia pendidikan, peluang bisnis dan hiburan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jun 2012 07:02
Last Modified: 05 Jun 2012 07:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item