ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG BAURAN PROMOSI DJI SAM SOE DAN SAMPOERNA HIJAU (STUDI PADA KONSUMEN DI TRENGGALEK)

HERMAWANTO, AGUSTINUS MUJI (2007) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG BAURAN PROMOSI DJI SAM SOE DAN SAMPOERNA HIJAU (STUDI PADA KONSUMEN DI TRENGGALEK). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG BAURAN PROMOSI DJI SAM SOE DAN SAMPOERNA HIJAU.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus bauran promosi Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau dengan judul “Analisis Persepsi Konsumen Tentang Bauran Promosi Dji Sam Soe Dan Sampoerna Hijau (Studi Pada Konsumen Di Trenggalek)”. Dengan menganalisis persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian maka perusahaan dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi konsumen tentang bauran promosi Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau dan untuk mengetahui variabel persepsi manakah yang membedakan promosi Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau. Persepsi menurut Kotler (1997:165) adalah ”Proses diterimanya rangsangan obyek kualitas, hubungan antar gejala, maupun peristiwa sampai rangsangan itu sendiri”. Sedangkan promosi menurut Lamb, Hair, McDaniel (2001:145) adalah komunikasi dari para pemasar yang menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respons. Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis yaitu: diduga ada perbedaan variabel promosi terhadap persepsi rokok Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau dan diduga variabel periklanan merupakan variabel dominan yang membedakan terhadap persepsi rokok Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas untuk mengukur sejauhmana tingkat kevalidan Dji Sam Soe dan Sampoerna Hijau dan uji reliabilitas Suatu instrumen yang valid atau sahih mempunyai validitas tinggi, sebaliknya instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas momen yang rendah. Sedang reliabilitas merupakan suatu angka indeks yang menunjukkan konsistensi suatu alat pengukur di dalam mengukur gejala yang sama. Dari analisa diskriminan diketahui persepsi terhadap personal selling sebesar 0,712. Persepsi terhadap personal selling sebesar 0,712. persepsi terhadap periklanan sebesar 0,701, persepsi terhadap promosi penjualan sebesar 0,596 dan persepsi terhadap publisitas sebesar 0,470. Dengan demikian maka dapat disusun persamaan untuk kelompok responden dari Dji Sam Soe yaitu Y = -60,257 + 2,220 X1 + 1,810 X2 + 2,727 X3 + 3,455 X4 dan untuk kelompok responden dari Sampoerna Hijau, persamaannya yaitu: Y = -19,386 + 1,060 X1 + 0,800 X2 + 1,845 X3 + 1,993 X4 Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara persepsi konsumen terhadap bauran promosi responden Dji Sam Soe dan responden Sampoerna Hijau. Hal ini berdasarkan pada nilai uji wilks’ lambda terhadap persepsi periklanan sebesar 0,248 persepsi terhadap personal selling sebesar 0,242 persepsi terhadap publisitas sebesar 0,423 dan persepsi terhadap promosi sebesar 0,313. Yang paling membedakan adalah persepsi terhadap periklanan, persepsi terhadap personal selling, persepsi terhadap publisitas dan persepsi terhadap promosi penjualan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jun 2012 06:55
Last Modified: 05 Jun 2012 06:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item