PENERAPAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION (CGI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SDN Mulyoagung I)

HASTUTIK, IDA (2007) PENERAPAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION (CGI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SDN Mulyoagung I). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_COGNITIVELY_GUIDED_INSTRUCTION.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya strategi belajar yang memberi kesempatan yang luas pada siswa untuk aktif belajar, dengan cara merubah pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi terpusat pada siswa. Untuk memahami konsep-konsep dalam matematika dikembangkan metode pembelajaran yang bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam pendekatan belajar. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa adalah Cognitively Guided Instruction (CGI). Cognitively Guided Instruction merupakan suatu pendekatan yang menyajikan kepada siswa masalah-masalah yang dapat menuntun pemahaman pemikiran mereka mengenai materi atau konsep yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas siswa siswa dalam metode pembelajaran Cognitively Guided Instruction (CGI) pada pembelajaran matematika di kelas 4 SD. Selain itu tujuan pembelajaran ini juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berfikir kreatif siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedang jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah metode Cognitively Guided Instruction (CGI). Sedang yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari satu kelas 4 SDN Mulyoagung yang berjumlah 31 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Berdasarkan hasil analisis aktifitas siswa dalam metode pembelajaran Cognitively Guided Instruction (CGI) selama proses pembelajaran terlaksana dengan baik, yaitu terlihat dari prosentasenya mencapai 70%. Sedang prosentase kemampuan berfikir kreatif siswa mencapai 73,51%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:18
Last Modified: 05 Jun 2012 04:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6604

Actions (login required)

View Item View Item