PENERAPAN STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN JENANG DODOL TEGUH RAHARJO PONOROGO

BAIHAQI, IKHWAN (2006) PENERAPAN STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN JENANG DODOL TEGUH RAHARJO PONOROGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
r.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan dalam hal ini adalah menggunakan jenis penelitian diskriptif analisis. Pelaksanaan penelitian ini tidak terbatas, hanya pada pengumpulan dan penyusunan data, akan tetapi peneliti memaparkan dan melaporkan suatu keadaan atau peristiwa beserta kesimpulan setelah dilakukan analisis, dengan judul “ Penerapan Strategi Diversifikasi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jenang Dodol Teguh Raharjo Ponorogo” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi diversifikasi produk dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada perusahaan “Jenang Dodol Teguh Raharjo” Ponorogo. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu penelitian yang dilakukan oleh penulis diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dan perbandingan oleh perusahaan dalam menyusun kebijaksanaan, terutama kebijaksanaan mengenai strategi diversifikasi produk dalam meningkatkan volume penjualan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode trend linier, analisis SAP, analisis ETOP dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal pada Perusahaan Jenang Dodol “Teguh Raharjo” Ponorogo maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, yang menjadi kekuatan perusahaan yaitu mengenai kualitas produk, advertensi dan saluran distribusi. Sedangkan yang menjadi kelemahan yaitu mengenai merk produk, discount/ potongan harga, harga jual produk dan promosi penjualan. Sedangkan pada variabel internal perusahaan khususnya pada kemasan produk dan pelayanan tidak memiliki pengaruh atau netral. Adapun yang menjadi peluang perusahaan yaitu mengenai keadaan ekonomi, pemerintah, demografi dan teknologi, sedangkan yang menjadi ancaman yaitu perusahaan sejenis/ pesaing dalam hal ini perusahaan yang sama menghasilkan produk jenang dodol di wilayah Ponorogo. Berdasarkan uraian tersebut maka strategi diversifikasi produk yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan melakukan perluasan lini produk. Tujuan perusahaan dalam melakukan pengembangan produk ini yaitu untuk meningkatkan volume penjualan. Beberapa saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan dalam menyusun suatu strategi hendaknya sesuai dengan kondisi perusahaan, yang diasumsikan bahwa keuangan perusahaan, sumber daya manusia dan pemasaran produk juga terpenuhi. Diharapkan perusahaan untuk dengan segera melakukan strategi diversifikasi produk yaitu dengan melakukan perluasan lini produk, jenis pengembangan produk ini dapat diterapkan untuk menjaring pelanggan pesaing dalam segmen baru. Adapun bagi pihak lain dalam hal ini adalah kalangan akademisi yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan obyek penelitian yang lain dan menggunakan analisis yang berbeda sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jun 2012 03:11
Last Modified: 05 Jun 2012 03:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item