ANALISIS STRATEGI PEMASARAN “HOTEL UNIVERSITY INN UMM”

HARWAJI, HARWAJI (2007) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN “HOTEL UNIVERSITY INN UMM”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN “HOTEL UNIVERSITY INN UMM”.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah study kasus, dimana dalam pengumpulan, pengambilan dan menganalisis data dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan secara langsung ke obyek penelitian dengan maksud agar data yang diperoleh dan keterangan yang lengkap sesuai dengan masalah yang dihadapi. Adapun judul penelitian ini adalah “Analisis Strategi Pemasaran “Hotel University Inn UMM”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai pada hotel University Inn UMM. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi pihak hotel adalah sebagai bahan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat mengevaluasi kebijakan atau strategi yang digunakan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu dalam perspektif pelanggan yang meliputi number of complain, customer retention dan customer acquisition menunjukkan bahwa secara umum perusahaan mampu untuk memberikan kepuasan yang maksimal kepada para tamu hotel. Namun demikian pada indikator number of complain khususnya pada keluhan konsumen mengenai variabel pelayanan menunjukkan kenaikan prosentase. Pada customer acquisition menunjukkan adanya kecenderungan penurunan jumlah tamu baru yang dibuktikan adanya penurunan tingkat prosentase jumlah tamu baru untuk setiap tahunnya. Berdasarkan perspektif bisnis internal menunjukkan bahwa kapasitas jumlah kamar setiap tahunnya untuk masing-masing tipe kamar berfluktuasi, dan semakin menurunnya kapasitas yang terpakai terutama pada bulan oktober. Pada proses inovation menunjukkan bahwa setiap tahunnya perusahaan selalu mengadakan perbaikan sarana dan prasarana dengan melihat kondisi atau keadaan fisik fasilitas yang ada. Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, khususnya pada indikator training menunjukkan pihak hotel semakin menghargai atas kualitas sumber daya manusia yang ada yaitu dengan adanya peningkatan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan. Mengenai indikator tingkat absensi dapat disimpulkan bahwa jumlah absensi karyawan terus mengalami peningkatan, apabila hal tersebut tidak segera diantisipasi dapat mengganggu kelancaran proses kegiatan operasional perusahaan.Berdasarkan hasil analisis perspektif dengan Balanced Scorecard maka alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh pihak hotel adalah menciptakan kepuasan pelanggan yaitu dengan lebih meningkatkan keramahan, kebersihan, keamanan, kenyamanan, pelayanan serta fasilitas hotel. Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian yaitu pihak hotel diharapkan lebih memperhatikan atas pelayanan yang diberikan kepada para konsumen atau tamu hotel, pihak hotel diharapkan tetap menggunakan kebijakan yang selama ini diterapkan dan meningkatkan rasa kedisiplinan para karyawan sehingga mampu menekan jumlah atau tingkat absensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:24
Last Modified: 04 Jun 2012 10:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item