Kompetensi Sosial Guru Agama dan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung)

HANDAYANI, HANDAYANI (2007) Kompetensi Sosial Guru Agama dan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Kompetensi_Sosial_Guru_Agama_danEfektifitas_Pembelajaran_Pendidikan_AgamaIslam.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini karena melihat fenomena bahwa keberhasilan pembelajaran di sekolah sangat bergantung pada peranan seorang guru.Yaitu salah seorang guru agama di SMAN1 Kauman yang mampu memanfaatkan kompetensi sosial yang dimiliki untuk mengefektifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diampunya. Dan dari diberlakukannya UU guru dan dosen bahwa seorang guru harus memiliki empat kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi sosial, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kompetensi ini dalam proses pembelajaran. Bahwasanya kompetensi sosial yang dimiliki seorang guru akan dapat memberikan pengaruh pada pembelajaran yang dia terapkan. Meskipun, seorang guru hanyalah sekedar fasilitator namun peranannya merupakan busur dari anak panah bagi keberhasilan pembelajaran dalam proses pendidikan. Sehingga diharapkan Pendidikan Agama Islam tidak sekedar wacana, namun juga mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi sosial guru agama dan bagaimana kompetensi sosial ini mampu membentuk efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga dapat diketahui seberapa penting seorang guru memiliki kompetensi sosial ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan, yaitu siswa dan alumni yang pernah menerima pelajaran dari guru yang berkompetensi sosial tersebut. Sedangkan data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Dari penelitian ini diketahui bahwa ada beberapa hal yang hendaknya dimiliki seorang guru sebagai implementasi kompetensi sosialnya dalam pembelajaran yang diantaranya adalah mampu berkomunikasi dan berinteraksi baik dengn siswa, memiliki rasa empati, sikap yang ramah, perhatian atau peduli dengan siswa, terbuka, dan pandai mengelola emosi. Guru yang memiliki sikap tersebut akan lebih disenangi dan dihormati siswa, kemudian siswa lebih nyaman dalam pembelajarannya dan bisa menerima dengan mudah materi yang disampaikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. Siswa akan cenderung menurut pada nasehat guru yang disenangi dan dihormati, sehingga dengan begitu guru akan mudah mengendalikan siswa dan memberikan pengaruh pada dirinya. Dan dapat disimpulkan bahwa dengan kompetensi sosial seorang guru agama dapat membentuk efektifitas pembelajan Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 Jun 2012 08:02
Last Modified: 04 Jun 2012 08:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item View Item