ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM PENYALURAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG MALANG KAWI

Aryani, Shinta (2006) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM PENYALURAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG MALANG KAWI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_SISTEM_PENGENDALIAN_INTERN_DALAM_PENYALURANKREDIT_PADA_PT.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif pada PT. BRI (Persero) Cabang Malang Kawi dengan judul “Analisis Sistem Pengendalian Intern pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang Kawi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern dalam penyaluran kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang Kawi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dan teknik analisis yang digunakan berdasarkan tahapan elemen Sistem Pengendalian Intern yang meliputi struktur organisasi dalam hubungannya dengan pemberian kredit, sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang baik, praktek-praktek yang sehat, dan karyawan yang cakap. Hasil penelitian ini menghasilkan gambaran bahwa Sistem Pengendalian Intern yang ada pada PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero) cabang Malang Kawi sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pemisahan wewenang dan tanggung jawab yang tegas yang digambarkan pada struktur organisasi. Selain itu praktek-praktek yang sehat dalam penggunaan pre number dan juga karyawan yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing bagian. Namun pengendalian dalam penyaluran kredit masih kurang efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perangkapan tugas administrasi kredit yang menangani register, pemeriksa dokumen dan pembuat offering letter. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis merekomendasikan kepada PT. BRI (Persero) Cabang Malang Kawi untuk memisahkan tugas bagian administrasi kredit sebagai peregister, pemeriksa dokumen dan pembuat offering letter. Pihak PT. BRI juga harus memberikan pelatihan terhadap para karyawannya serta meningkatkan pemasaran terhadap produk-produk perbankan terutama kredit pada PT. BRI (Persero) Cabang Malang Kawi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jun 2012 04:28
Last Modified: 04 Jun 2012 04:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item