MAKNA KEJANTANAN DALAM IKLAN L-MEN (Analisis Semiotik pada Iklan L-MEN Versi Kolam Renang)

Ardiansyah, Charisma (2006) MAKNA KEJANTANAN DALAM IKLAN L-MEN (Analisis Semiotik pada Iklan L-MEN Versi Kolam Renang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MAKNA_KEJANTANAN_DALAM_IKLAN_L.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembuatan iklan harus dibuat semenarik mungkin karena sebuah iklan mengambarkan komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh pembeli. Iklan yang baik dan menarik akan menimbulkan kesan serta image yang baik dari konsumen terhadap produk yang kita pasarkan. Tayangan iklan L-men di televisi yang banyak menggunakan citra (image) pria yang berotot dan memiliki komposisi tubuh yang atletis dan bagus karena konsumsi kebutuhan gizi tubuhnya dipenuhi oleh produk L-MEN. Image pria bertubuh atletis adalah menjadi dambaan bagi para pria, hal ini dapat dilihat sebagai suatu peluang yang menggunakan citra (image) dari kemasan yang lebih ditonjolkan dalam menawarkan sebuah produk. Rumusan masalahnya adalah: “Bagaimana makna pesan kejantanan iklan L-MEN versi kolam renang di televisi ditinjau dari analisis semiotik?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan kejantanan iklan L-MEN versi kolam renang di televisi melalui analisis semiotik. Tipe penelitian yang akan digunakan disini adalah deskriptif interpretatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dasar penelitian ini mengacu pada model Pierce yaitu analisis semiotik yang berisi tentang tanda-tanda dari indek, icon dan simbul dan model Barthes yang nantinya akan dilihat dari makna denotasi dan konotasinya serta akan diinterpretasikan dengan memberikan deskripsi-deskripsi yang relevan dengan apa yang ada dalam tabel kerja analisis. Dari identifikasi tiap tanda yang relevan, tiap ikon, indeks maupun simbol setiap adegan diketemukan bahwa dari iklan ini tersimpan makna bahwa pria yang memiliki tubuh atletis dianggap lebih jantan dan menjadi dambaan wanita sedangkan pria yang tidak memiliki tubuh atletis, tidak patut diperhitungkan, rendah diri, sekalipun dalam kenyataannya tidak banyak pria yang memiliki tubuh atletis. Sehingga pesan yang sebenarnya ingin disampaikan adalah berusahalah untuk menjadi keren tapi tidak harus menjadi keren dan salah satu cara terpenting adalah dengan memimun L-Men. Tanda-tanda yang direalisasikan sebagai makna dalam iklan ini membentuk suatu kesatuan logis sebagai representasi produk L-MEN. Kecenderungannya adalah menggugah sisi emotif penontonnya dengan visualisasi dan narasi yang relative fenomenal. Berdasarkan hasil analisis yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa makna jantan telah diciutkan ke dalam pengertian tubuh manusia khususnya lelaki. Jadi dapat disimpulkan bahwa makna pesan kejantanan dalam iklan L-MEN versi kolam renang di televisi ditinjau dari analisis semiotic, jantan adalah menunjukkan bahwa bodi seorang lelaki yang mengkonsumsi susu L-MEN memiliki tubuh yang indah, atletis dan bagus, dalam iklam versi kolam renang ini memperlihatkan makna kejantanan dari tubuh seorang lelaki yang memiliki tubuh atletis, hal ini dimaksudkan agar tampak bodi dari pemakai atau pengkonsumsi susu L-MEN tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jun 2012 02:45
Last Modified: 04 Jun 2012 02:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6456

Actions (login required)

View Item View Item