REPUTASI PERUM PEGADAIAN Study pada Nasabah Perum Pegadaian Cabang Blimbing Kota Malang

Ferliana, Ferliana (2007) REPUTASI PERUM PEGADAIAN Study pada Nasabah Perum Pegadaian Cabang Blimbing Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REPUTASI_PERUM_PEGADAIANStudy_pada_Nasabah_Perum_Pegadaian_Cabang_Blimbing_Kota_Malang.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Perum Pegadaian adalah lembaga keuangan non bank yang bergerak dibidang jasa. Keberadaan Perum Pegadaian telah banyak membantu masyarakat dalam mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi. Akan tetapi berdasarkan penelitian awal menunjukkan bahwa ada sebagian masyarakat yang masih merasa malu menggunakan jasa Perum Pegadaian. Bahkan orang yang telah menjadi nasabah, masih ada yang merasa malu menggunakan jasa Perum Pegadaian. Berdasarkan fenomena tersebut kemudian peneliti tertarik untuk meneliti tentang reputasi Perum Pegadaian. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana reputasi Perum Pegadaian? Reputasi merupakan pendapat orang pada umumnya tentang seseorang atau sesuatu atau seberapa besar rasa hormat dan kekaguman yang didasarkan kepada perilaku atau karakter yang sudah ada (Walter, 2005: 1078). Proses pembentukan reputasi meluilui tiga tahap yaitu adanya identitas perusahaan, citra perusahaan dan reputasi perusahaan. Ada tiga langkah dalam menjaga reputasi yaitu kepemilikan karakteristik moral, adanya kompetensi dan melakukan suatu kreasi opini (Ubaydillah : 2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu bersifat alami dan peneliti menjadi instrumen dalam mengumpulkan data terutama di dalam menggambarkan suatu fenomena. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Unit analisis penelitian ini adalah individu nasabah Perum Pegadaian Cabang Blimbing, dengan kriteria yaitu orang yang pada saat penelitian ini dilakukan sedang bertransaksi menggunakan jasa Perum Pegadaian. Jumlah responden ditetapkan berdasarkan teknik snow ball (bola salju), yaitu melakukan wawancara mendalam dari satu nasabah ke nasabah yang lain. Data yang didapatkan berupa gambaran reputasi Perum Pegadaian. Hasil penelitian menunjukkan reputasi Perum Pegadaian dari segi karakteristik moral, kompetensi dan kreasi opini yang dimiliki. Perum Pegadaian memiliki karakteristik moral sebagai lembaga keuangan non bank di bidang jasa gadai yang memberikan manfaat karena dapat membantu mengatasi masalah ekonomi yang sedang dihadapi masyarakat. Perum Pegadaian memiliki kompetensi karena memberikan pelayanan prima, fasilitas memadai dan produk inovatif sehingga disukai oleh nasabah. Perum Pegadaian melakukan suatu kreasi opini sehingga dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan nasabah. Berdasarkan penelitian tersebut, sebaiknya Perum Pegadaian lebih peka dalam merespon setiap pendapat nasabah dan akan lebih baik jika Perum Pegadaian selalu melakukan evaluasi terhadap setiap kinerja yang dilakukan agar reputasi yang telah dimiliki dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 02 Jun 2012 06:22
Last Modified: 02 Jun 2012 06:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item