KONSTRUKSI MAKNA TANDA IKLAN CETAK ADIDAS (Analisis Semiotik Iklan Adidas Versi David Beckham pada Tabloid BOLA Edisi 23 Maret 2004)

Anggraeni, Christina (2006) KONSTRUKSI MAKNA TANDA IKLAN CETAK ADIDAS (Analisis Semiotik Iklan Adidas Versi David Beckham pada Tabloid BOLA Edisi 23 Maret 2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KONSTRUKSI_MAKNA_TANDA_IKLAN_CETAK_ADIDAS.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Iklan catak adidas versi David Beckham yang dimuat pada tabloid BOLA edisi 23 Maret 2004, dengan tag line “impossible is nothing” sebagai pesan sentral dalam kampanye iklan adidas hingga tahun 2010. Iklan tersebut dikonstruksi oleh tanda-tanda yang menarik, baik secara verbal maupun nonverbal. Peneliti merasa tertarik karena iklan ini menggunakan David Beckham sebagai brand promotion serta naskah iklan yang sangat menarik menjual konsep the power of mind. Iklan merupakan salah satu pesan yang sengaja diproduksi dan sarat akan makna, karena iklan dikonstruksi oleh tanda-tanda verbal dan nonverbal yang membentuknya. Melalui tanda-tanda sebuah iklan dikonstruksi untuk mempengaruhi khalayak dan memiliki kepentingan lain dibaliknya. Iklan dalam tabloid BOLA ini menarik karena mengangkat salah satu jenis olahraga yang paling populer di Indonesia yaitu sepakbola. Komunikasi merupakan proses interaksi sosial yang dilakukan manusia untuk menyampaikan makna yang merupakan citra mereka mengenai dunia dan bertukar citra melalui simbol-simbol. Untuk mengungkap makna tanda-tanda yang terdapat dalam iklan cetak, maka dilakukan analisis Semiotik, dimana dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep Pierce dengan obyek ikon, indeks, dan simbol, serta konsep Barthes mengenai adanya dua tingkatan makna dalam tanda yaitu denotasi dan konotasi serta mitos yang maknanya sejajar dengan makna tingkat kedua. Berdasarkan fenomena diatas rumusan masalahnya adalah, apa makna dari tanda-tanda yang mengkonstruksi iklan adidas. Dengan tujuan penelitian, untuk membuka/mengupas dan menginterpretasikan makna tanda yang mengkonstruksi iklan adidas. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif-interpretatif-subjektifis, karena penelitian ini menggunakan metode semiotik dimana penelitian ini lebih memfokuskan pada tanda-tanda pada iklan adidas yang dimuat pada tabloid BOLA edisi 23 Maret 2004 sebagai objek kajiannya. Peneliti mendapat temuan menarik yang menjadi kesimpulan bahwa iklan adidas versi David Beckham ini memanfaatkan identitas Beckham sebagai pemain sepakbola sekaligus selebriti untuk kepentingan pencitraan merek dagang adidas. Beckham yang telah menjadi ikon kaum metroseksual, menyampaikan gaya hidup yang menyenangkan ala selebriti. Image yang muncul dalam iklan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk adidas sehingga adidas dapat menjadi merek unggulan dalam produk olahraga. Teks atau naskah iklan pada iklan adidas memiliki peran dalam memproyeksikan visi ideologi adidas. Sehingga tag line “impossible is nothing” pada iklan adidas ini memiliki tujuan yang timbal balik, yaitu motivasi untuk para khalayak (dalam hal ini pecinta olahraga-atlet), juga motivasi untuk merek dagang ini sendiri untuk menjadi yang terbaik dan terpercaya dalam industri perlengkapan olahraga dunia. Secara akademis untuk peneliti yang berkonsentrasi Public Relations diharapkan lebih kritis dalam memandang fenomena yang akan dijadikan objek penelitiannya. Dan secara praktis dapat disarankan untuk para pengguna iklan agar lebih kritis dalam mengapresiasi dan menerima iklan, karena iklan terkadang cenderung menyesatkan, mengingat iklan memiliki ideologi pemasaran kapitalisme yang menjadi tujuan akhirnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jun 2012 03:35
Last Modified: 02 Jun 2012 03:35
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item