PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang)

Anggorowati, Riris (2006) PERSEPSI REMAJA TENTANG CITRA RADIO MAKOBU FM YANG BERSEGMENTASI REMAJA (Studi pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_REMAJA_TENTANG_CITRARADIO_MAKOBU_FM_YANG_BERSEGMENTASI_REMAJA.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Siaran radio yang istilahnya (Broadcasting) merupakan bentuk siaran yang masing-masing sudah memiliki prioritas siaran, agar siaran radionya dapat diterima pendengarnya sebaik mungkin. Sehingga banyak cara yang harus dilakukan oleh radio dalam rangka mengembangkan citra tertentu sesuai dengan yang diharapkan. Disinilah pihak stasiun radio dituntut untuk menanamkan citra positif di mata masyarakat pendengarnya terutama program-program siarannya, salah satunya adalah penentuan segmentasi pasar, hal ini dikarenakan sifat audience yang beragam yang nantinya berpengaruh terhadap sajian acara yang nantinya akan mempengaruhi terbentuknya suatu citra pada suatu perusahaan, dalam hal ini adalah citra radio Makobu FM. Pilihan segmentasi radio ini bisa dikatakan sangat realitas karena di era kompetisi yang seru dapat dikatakan hampir mustahil membangun sebuah stasiun radio yang mampu membidik sasaran semua khalayak, motivasi perusahaan radio untuk melakukan terobosan tidak lain karena keinginan untuk selalu bertahan di udara. Meski stasiun radio Makobu FM membidik segmen remaja tapi tidak semua remaja mempunyai persepsi yang sama atau malah cenderung bertolak belakang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi remaja tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memaparkan opini dan pemikiran remaja dalam proses pemaknaan suatu citra dari program siaran radio Makobu FM. Persepsi itu sendiri merupakan salah satu dari proses kognitif yang mencakup suatu rentang yang luas melalui aktivitas-aktivitas mental yang mencakup penafsiran-penafsiran stimuli yang mengorganisasi penafsiran atau ide-ide sedangkan citra adalah cara individu memandang suatu relaitas atau obyek sesuai dengan basic individu tersebut.Dari uraian tersebut dapat diketahui hubungan persepsi dengan citra adalah representasi aktivitas-aktivitas mental seseorang yang berupa konsepsi , penafsiran, gambaran atau pesan tentang kegiatan atau perilaku suatu obyek. Persepsi dalam hal ini adalah bagaimana pandangan responden tentang citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dengan menggunakan mean atau rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan tingkat interaksi responden dengan program-program siaran radio Makobu FM adalah rendah, sedangkan citra radio Makobu FM sebagai radio remaja dapat diukur dari penangkapan responden terhadap program-program siaran radio Makobu FM yang sesuai dengan selera remaja, Hasil penelitian ini menunjukkan citra radio Makobu FM yang bersegmentasi remaja yang tertangkap oleh responden sebesar 42,7 % atau berada pada mean 24,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang disampaikan oleh radio Makobu FM ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan remaja, radio Makobu FM yang mempositioningkan dirinya ke segmentasi remaja ternyata belum sepenuhnya menjaring khalayak secara optimal dan efisien. Radio harus mempunyai positioning yang jelas agar citra yang diharapkan dapat terpenuhi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jun 2012 03:29
Last Modified: 02 Jun 2012 03:29
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item