PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (Persero) MALANG

Andarresa, Dimas (2006) PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (Persero) MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_IKLIM_ORGANISASI_TERHADAP_KEPUASAN_KERJA_KARYAWAN_PADA_PT.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Pos Indonesia (persero) Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi iklim organisasi dan tingkat kepuasan kerja karyawan dan pengaruhnya pada PT. Pos Indonesia (persero) Malang. Alat analisis data yang digunakan untuk tujuan tersebut adalah dengan menggunakan rentang skala dan analisis regresi linier sederhana agar dapat mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Untuk memperoleh data tentang iklim organisasi dan kepuasan kerja adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada para karyawan, sedangkan populasinya adalah karyawan yang telah bekerja minimal selama satu tahun yang berjumlah 194 orang karyawan dengan diambil sampel sebanyak 56 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa iklim organisasi pada PT. Pos Indonesia Malang dalam keadaan baik. Ini dibuktikan dari hasil rentang skala yang menunjukkan rata-rata total skor variabel diperoleh nilai rentang skala sebesar 160, sedangkan kepuasan kerjanya juga dalam kondisi puas dengan hasil perhitungan rentang skala diperoleh nilai sebesar 178. Penelitian ini juga membuktikan bahwa iklim organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Pos Indonesia Malang yang ditunjukan oleh hasil uji F yaitu nilai F hitung diketahui sebesar 39, 340 dengan tingkat signifikansi 0,000. sedangkan nilai kritis dalam distribusi F dengan tingkat signifikan alpha = 5 % adalah 4,08. F hitung > F tabel. Dari hasil diatas dapat dikatakan bahwa iklim organisasi dan kepuasan kerja berada dalam kondisi yang baik. PT. Pos Indonesia Malang diharapkan dapat mempertahankan sekaligus melakukan pengembangan dan perbaikan-perbaikan dalam beberapa hal terkait dengan komunikasi dan tunjangan agar kondisi iklim serta kepuasan dapat lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jun 2012 02:49
Last Modified: 02 Jun 2012 02:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item