PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN SERVICE PADA PT. AUTO 2000 MALANG

Aliffianto, Fery (2006) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN SERVICE PADA PT. AUTO 2000 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_MOTIVASI_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN_BAGIAN_SERVICE__PADA_PT.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Salah satu kebijaksanaan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka meningkatkan kinerja adalah dengan pemberian motivasi,sebab motivasi karyawan merupakan faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan kinerja. Dorongan melalui motivasi adalah cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan dan menciptakan kinerja yang tinggi. Kinerja itu sendiri juga berarti prestasi kerja, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja atau hasil dari pekerjaan. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja seorang karyawan, baik itu berasal dari dalam individu tersebut, organisasi ataupun lingkungan eksternal. Sekarang ini indutri mobil meningkat dengan pesat dengan diikuti persaingan antar produsen dalam mengeluarkan produk andalannya guna merebut pangsa pasar. Begitupun dengan PT AUTO 2000 sebagai pemegang licensi produk mobil TOYOTA harus dapat menjaga para konsumen yang telah memberikan kepercayaan dalam menggunakan produk yang telah dikeluarkan oleh TOYOTA. Dalam perusahaan seorang pimpinan harus dapat mengetahui kebutuhan para karyawan, tujuan utama karyawan bekerja untuk memenuhi kebutuhan fisik ( fisiologis ) setelah kebutuhan utama tercapai maka karyawan memenuhi kebutuhan yang kedua yaitu kebutuhan akan keselamatan dan keamanan yang menjamin jiwa mereka dalam melakukan pekerjaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat motivasi pada karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 Malang? (2) Bagaimanakah tingkat kinerja karyawan bagian service pada PT. AUTO 2000 Malang (3) Bagaimanakah motivasi karyawan apakah mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 (4) dari kelima variabel motivasi variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan bagian service pada PT. AUTO 2000 Malang. Tujudn dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat motivasi pada karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 Malang? (2) untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan bagian service pada PT. AUTO 2000 Malang (3) untuk mengetahui motivasi karyawan apakah mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 (4) untuk mengetahui dari kelima variabel motivasi variabel tersebut yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan bagian service pada PT. AUTO 2000 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (b) interview (c) kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (a) uji validitas (b) uji reliabilitas. Teknik analisa yang digunakan adalah (a) rentang skala (b) regresi linier berganda (c) uji F (d) uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Bahwa tingkat motivasi kebutuhan karyawan yang ada di bagian service PT. AUTO 2000 adalah sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan rentang skala dengan skor rata-rata variabel X1 sebesar 208, X2 sebesar 203, X3 sebesar 203,33, X4 sebesar 205 dan X5 sebesar 182 yang mana semua variabel tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi. 2. Bahwa tingkat kinerja karyawan bagian sevice pada PT AUTO 2000 Malang adalah sangat tinggi, terbukti dengan perolehan rentang skala sebesar 206,66 3. Bahwa motivasi yang meliputi kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosialisasi, penghargaan, dan aktualisasi diri adalah mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 Malang 4. Bahwa dari kelima variabel yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosialisasi, penghargaan, dan aktualisasi diri yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan bagian service pada PT AUTO 2000 Malang adalah kebutuhan fisiologis dengan nilai regresi sebesar 0.366

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jun 2012 02:24
Last Modified: 02 Jun 2012 02:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6367

Actions (login required)

View Item View Item