PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SISTEM PENJUALAN BERJENJANG (MULTI-LEVEL MARKETING) DI PT HARMONI DINAMIKA MALANG (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang)

Azis, Abdul (2006) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SISTEM PENJUALAN BERJENJANG (MULTI-LEVEL MARKETING) DI PT HARMONI DINAMIKA MALANG (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
j.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang persepsi mahasiswa mengenai sistem Penjualan berjenjang (Multi Level Marketing) dengan judul “Persepsi Mahasiswa tentang Sistem Penjualan Berjenjang (Multi Level Marketing) di PT Harmoni Dinamika Malang (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelompokan persepsi mahasiswa tentang sistem penjualan berjenjang (Multi Level Marketing) di PT Harmoni Dinamika Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang yang pernah mendapatkan informasi tentang sistem MLM di PT Harmoni Dinamika Malang. Dengan menggunakan purposive sampling didapatkan 100 responden sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode survei dimana untuk mendapatkan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner (angket). Alat analisis yang digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa berdasarkan persepsi mereka tentang sistem MLM dilakukan dengan analisis cluster. Hasil penelitian yang diperoleh memperlihatkan, persepsi masyarakat tentang sistem MLM terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok mahasiswa yang persepsinya terbentuk berdasarkan variabel ingatan dan perhatian. Kelompok kedua adalah kelompok mahasiswa yang persepsinya dibentuk berdasarkan variabel minat dan pengamatan, sedangkan kelompok terakhir adalah kelompok mahasiswa yang persepsinya terbentuk berdasarkan variabel pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka perusahaan yang beroperasi dengan sistem MLM maupun distributornya, khususnya PT Harmoni Dinamika Malang perlu memperhatikan dan memahami terlebih dahulu perilaku konsumen (calon distributor)nya agar dapat merumuskan strategi secara tepat dalam mengembangkan jaringannya. Selain itu perusahaan juga harus memberikan informasi tentang kondisi perusahaan secara transparan agar calon distributor dapat memahami sistem yang ditawarkan dengan baik, sehingga dapat membangkitkan minat mereka untuk bergabung atau menjadi member pada perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 01 Jun 2012 06:25
Last Modified: 01 Jun 2012 06:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item