PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR DENGAN SATU VARIABEL MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN INKUIRIDI MTs NEGERI MALANG 1

Agung, Dwi Wibowo (2006) PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR DENGAN SATU VARIABEL MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN INKUIRIDI MTs NEGERI MALANG 1. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_PERSAMAAN_LINEAR_DENGAN_SATU_VARIABEL_MENGGUNAKAN_METODE_PENDEKATAN__INKUIRIDI_MTs_NEGERI_MALANG_1.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika dengan metode pendekatan inkuiri ini mengarahkan dan membimbing siswa untuk melakukan eksperimen dalam pemecahan masalah, sehingga siswa lebih memiliki ruang untuk mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran persamaan linear dengan satu variable menggunakan metode pendekatan inkuiri sekaligus bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekaan studi kasus. Sebagai subyek penelitian dipilih siswa kelas 1A MTs Negeri Malang 1 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Data-data yang diperoleh dilokasi penelitian akan dianalisis menggunakan cara pengelompokan dan penyortiran data. Berdasarkan hasil pengamatan selama proses pembelajaran dan informasi yang diperoleh dari nara sumber, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran persamaan linear dengan satu variabel menggunakan metode pendekatan inkuiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Berdasarkan hasil tes yang dianalisa diperoleh data 89% siswa telah memperoleh ketuntasan belajar dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 8,8 sehingga masuk dalam interval 65% - 89% (efektif). Disamping itu untuk respon siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan diperoleh data dari analiasa angket, yaitu: 77,8% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran persamaan linear dengan satu variabel menggunakan metode pendekatan inkuiri, 66,7% siswa menyatakan sangat mendapat manfaat, 66,7% siswa menyatakan lebih mudah menyerap pelajaran, 63% siswa menyatakan hanya mendapat sedikit kendala, dan 53,9% siswa menyatakan setuju jika pada materi pelajaran sel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 01 Jun 2012 02:18
Last Modified: 01 Jun 2012 02:18
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item View Item