PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE DENGAN PROBLEM POSING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGIAN PERTAMA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MALANG

Afifah, Nurul (2006) PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE DENGAN PROBLEM POSING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGIAN PERTAMA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_ROUND_TABLE_DENGAN_PROBLEM_POSING_PADA_MATERI_PERSAMAAN_GARIS_LURUS_BAGIAN_PERTAMA_KELAS_VIII_SMP_MUHAMMADIYAH_MALANG.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Peran pendidikan dalam suatu negara sangat penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu pemerintah telah melakukan perbaikan mutu pendidikan nasional salah satunya adalah penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pada kurikulum ini pembelajaran menitikberatkan pada pengembangan kemampuan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu. Seorang guru harus bisa mengaktifkan siswa untuk belajar dan memberikan dampak positif dalam kelas dan lingkungannya. Oleh karena itu pembelajaran kooperatif sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif round table dengan problem posing dalam meningkatkan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 02 Batu kelas VIII-A semester 1 tahun akademik 2005/2006 pada materi Persamaan Garis Lurus Bagian Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 02 Batu. Berdasarkan analisis yang diperoleh untuk aktivitas siswa dari pertemuan I dan II mengalami peningkatan yaitu aktivitas menyampaikan ide / pendapat masing-masing sebesar 64,81% dan 70,13%, aktivitas kesetaan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok berturut-turut adalah 67,12% dan 70,82%, aktivitas bertanya berturut-turut sebesar 71,28% dan 75,29%, aktivitas keikutsertaan dalam diskusi berturut-turut sebesar 63,88% dan 70,13% dan aktivitas melaksanakan round table dengan problem posing masing-masing sebesar 88,86% dan 94,40%. Selama pembelajaran berlangsung rata-rata prosentase dari pertemuan I dan II untuk aktivitas menyampaikan ide/pendapat,. Aktivitas kesetiaan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok, aktivitas keikutsertaan dalam diskusi dalam kategori cukup baik dan aktivitas bertanya dalam kategori baik. Sedangkan melaksanakan round table dengan problem posing dalam kategori sangat baik. Dengan pembelajaran kooperatif round table dengan problem posing dikatakan tuntas dalam belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes akhir siswa yang menunjukkan 28 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas. Sedangkan ketuntasan kalsikal sebesar 77,77%. Dengan demikian bahwa pembelajaran kooperatif round table dengan problem posing aktivitas siswa cukup baik dan mencapai ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 31 May 2012 06:25
Last Modified: 31 May 2012 06:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item