TANGGUNG BJAWAB PT. POS INDONESIA TERHADAP KERUSAKAN ATAU HlLANGNYA PAKET PENGIRIMAN BARANG (Studi di PT.Pos Indonesia Kantor Pusat Malang)

Abdillah Mutaqin, Imami (2006) TANGGUNG BJAWAB PT. POS INDONESIA TERHADAP KERUSAKAN ATAU HlLANGNYA PAKET PENGIRIMAN BARANG (Studi di PT.Pos Indonesia Kantor Pusat Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TANGGUNGBJAWAB_PT._POS_INDONESIA_TERHADAP_KERUSAKAN_ATAU_HlLANGNYA_PAKET.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Dalam hal ini khususnya pengangkutan barang dan jasa pengangkutan telah menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat yang sangat banyak digunakan karena didunia pengangkutan semakin mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Hal ini terbukti tak sedikit masyarakat yang menggunakan sekaligus memilih alternatif melalui media jasa pengangkutan atau pengiriman.yang kali ini melalui PT.Pos Indonesia. Dan dalam pelaksanaannya tidaklah terlepas dari resiko hilang atau rusaknya paket tersebut, yang mengakibatkan kerugian bagi pihak si pengirim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya dan tanggung jawab PT.Pos Indonesia terhadap kerusakan atau hilangnya paket pengiriman barang tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah diskriptif analisis, sehingga data yang didapat adalah data yang menggambarkan tentang penerapan suatu hukum terhadap fakta yang ditemui di lapangan berkaitan dengan permasalahan yang ada yaitu tanggung jawab PT.Pos Indonesia terhadap kerusakan barang atau hilangnya paket pengiriman. Melalui penelitian ini maka penulis mendapatkan hasil bahwa penerapan undang-undang yang mengatur tentang Pos dirasa kurang maksimal dimana di ketahui adanya paket pos yang hilang atau rusak. Padahal jelas hendaknya PT.Pos disini sebagai pihak pengirim hendaknya bertanggung jawab penuh terhadap semua paket kiriman barang tersebut-ternyata realita yang ada jelas bahwa dalam proses pengiriman barang melalui kantor pos ini telah terjadi adanya kerusakan bahkan terjadinya kehilangan paket kiriman tersebut.namun terkadang pihak kantor pos menganggap remeh hal ini, maksudnya yaitu yang penting dalam masalah ini pihak kantor pos bertanggung jawab dalam memberikan ganti kerugian justru menurut penulis yang terpenting adalah bukan sekedar mengganti kerugian tetapi bagaimana menjaga barang kiriman atau paket tersebut agar aman cepat, dan selamat sampai tujuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pihak pos sudah mau bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi. Tetapi yang terpenting menurut saya yaitu bagaimana upaya yang lebih baik sekaligus meningkatkan mutu PT.Pos, agar supaya setiap paket kiriman atau barang tersebut aman juga selamat dan cepat sampai tujuan. Penulis menyarankan agar PT.Pos Indonesia meningkatkan mutu dan tanggung jawabnya khususnya divisi paket dimana potensi terjadinya kehilangan dan kerusakan paket dapat selalu muncul kapan saja, dan segera menanggapi masalah tersebut jika memang terjadi klaim oleh si pengirim hal ini dapat memungkinkan masyarakat lebih percaya dan bangga terhadap jasa pengiriman melalui pos, dibandingkan dengan melalui jasa pengiriman yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 31 May 2012 03:50
Last Modified: 31 May 2012 03:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item View Item